Begini Perkiraan Lansekap Dunia Kerja 2023

Digicafe  
Unsplash/Simon Abrams
Unsplash/Simon Abrams

Tahun ini, banyak cerita tentang pemutusan hubungan kerja (PHK) massal yang terjadi. Nama-nama besar di dunia teknologi pun ikut mengumumkan keputusan PHK akibat ketidakpastian ekonomi global.

JobStreet by SEEK, platform karir di Indonesia, belum lama ini menerbitkan signature report terbaru bertajuk “2022-2023 Outlook - Hiring, Compensation, and Benefits Report”. Laporan ini memberikan wawasan baru tentang pasar kerja Indonesia. Beberapa poin penting di antaranya adalah 50 persen perusahaan besar, melaporkan rencana perekrutan perusahaan mereka kembali ke tingkat sebelum pandemi, sementara 28 persen lainnya, melaporkan bahwa perekrutan akan pulih dalam sembilan bulan ke depan.

Namun, JobStreet mengindikasikan, dampak pandemi yang meliputi munculnya teknologi kerja jarak jauh dan hibrid juga memengaruhi jenis pekerjaan yang diterima. Untuk signature report ini, JobStreet mensurvei 1.162 perusahaan besar, menengah, dan kecil di Indonesia. Dengan sebagian besar perusahaan yang disurvei adalah perusahaan besar dengan lebih dari 100 karyawan profesional.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selama enam bulan terakhir di Indonesia, JobStreet melaporkan 51 persen perusahaan yang disurvei telah mempekerjakan karyawan tetap, dan 28 persen perusahaan yang disurvei, telah memberhentikan setidaknya satu karyawan selama enam bulan terakhir. Sementara, perusahaan yang memberhentikan karyawan selama enam bulan terakhir melaporkan, efisiensi sebagai alasan utama pengurangan.

JobStreet juga melihat adanya pertumbuhan dalam mempekerjakan tenaga kerja muda menggunakan kontrak, karena tingkat gaji secara relatif lebih rendah. COO Indonesia JobStreet, Varun Mehta menjelaskan, dengan kembalinya kita ke kondisi pra-pandemi, persaingan untuk mendapatkan talenta juga akan meningkat, mengingat kondisi global saat ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Lebih Cerdas Manfaatkan Fasilitas Paylater

Mengisi Kepulihan Wisata dengan Perluas Portfolio

Pandemi dan Akses Pendanaan yang Kian Tumbuh

Mengulik Profesi Data Scientist

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image