Digitalnote

Melirik Teknologi Terkini TV di PRJ 2024

TV LG C4 di ajang PRJ 2024

TV LG OLED C4 hadir dalam ajang tahunan Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2024. Pasalnya, LG Electronics Indonesia (LG) telah mengkonfirmasi bakal membawa TV OLED yang menjadi salahsatu unggulannya pada gelaran terbesar tahunan bagi industri elektronik konsumer, Consumer Electronics Show 2024, pada penyelenggaraan PRJ sepanjang 12 Juni sampai 14 Juli 2024 nanti.


“Membawa serta inovasi terkini TV OLED dengan kecerdasan buatan yang memberi peningkatan signifikan pada visual dan audio, akan menjadikannya magnet bagi pecinta film dan gaming,” ujar Park Jae Il – Product Director Home Entertainment of LG Electronics Indonesia. Terlebih lagi, menurutnya, LG OLED evo C4 memiliki pilihan bentang layar paling banyak di antara TV OLED LG di tahun 2024 ini. Berturut-turut dimulai dari 83, 77,65, 55, 48 dan inci.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Lebih dalam bicara terkait keunggulan LG OLED evo C4 ini, sudah dimulai dari teknologi pada panelnya. Pengembangan yang lahir dari pengalaman LG sebagai pionir dan paling konsisten dalam penggunaan panel OLED pada TV, label evo merupakan panel OLED LG yang menawarkan luminositas dan kecerahan lebih tinggi dengan detail lebih baik dibanding generasi panel sebelumnya.

Dari sisi desain, layar OLED evo memungkinkan keseluruhan bodi lebih ramping dengan tepian bingkai tipis yang membuatnya mudah memukau untuk segala penempatan. Bersandar pada panel istimewa inilah, LG kemudian mengembangkan TV OLED 4K ini dengan memanfaatkan kecerdasan buatan yang berpusat pada dapur pacunya.

Prosesor pintar dengan dukungan AI terbaru ini dikembangkan dengan nama Prosesor AI α9 Gen7. Keberadaannya membawa tiga peningkatan dibandingkan pendahulunya yaitu 1,5 kali lipat peningkatan performa AI, 4,5 kali lipat peningkatan grafis dan terhitung 2,2 kali lipat kecepatan pemrosesan.

“Peningkatan pada pemanfaatan kecerdasan buatan inilah yang memberikan TV OLED evo C4 kemampuan menyajikan visual dan audio mengagumkan dengan opsi personalisasi lebih tinggi,” ujar Vincent Martana Wenas, Head of Product Marketing Home Entertainment of LG Electronics Indonesia.


Pada sisi visual, salahsatunya berjalan melalui fitur AI Picture Pro. Dengan memanfaatkan proses kualitas gambar berbasis deep learning, keberadaannya membuat TV ini lebih kaya pada tekstur dan detail untuk memberikannya efek dramatis.

Hal ini termasuk pada kemampuan dalam menampilkan visual wajah, objek dan layar belakang dengan kekayaan tekstur dan detailnya.


Mendukung pula dari sisi visual, keberadaan fitur Dynamic Tone Mapping Pro. Sesuai namanya, fitur ini memetakan gambar dengan membaginya dalam banyak blok untuk kemudian mendeteksi area yang membutuhkan tingkat kecerahan berbeda secara real time.


Semakin nyaman pada sisi visual, fitur unik Personalized Picture Wizard, memberikan penggunanya pilihan untuk melakukan kustomisasi nuansa tampilan gambar dengan memilih dari beberapa tampilan yang tersedia. Disisi lain, AI Super Upscalling 4K memberikan TV ini kemampuan memproses gambar dibawah kualitas 4K menjadi dalam nuansa 4K. 


Dampak signifikan pengembangan berbasis kecerdasan buatan dari TV LG OLED evo C4 ini pun menyentuh hingga pada sisi audio. Fitur AI Sound Pro didalamnya, memampukan TV OLED LG di tahun 2024 ini memberikan kualitas audio berkanal 9.1.2 surround sound secara virtual dari speaker yang terintegrasi. Di bagian lain, Dynamic Sound Booster memberikan performa suara lebih bertenaga dan dinamis.

Sementara Adaptive Sound Control bekerja menyesuaikan nuansa suara dengan kebutuhan sesuai genre tampilan yang sedang dinikmati. Bila pengguna bermaksud menambahkan tenaga pada dentum audionya, LG OLED evo C4 dibuat dengan kelengkapan bracket khusus bagi penempatan LG Soundbar.

Lebih dari itu, LG juga menyiapkan berbagai fitur yang bakal membuat penyatuan ini berjalan mudah dan nyaman.