Intip Keterampilan Digital yang Kini Makin Diperlukan

Digicafe  

Unsplash/Glenn Carsten Peters
Unsplash/Glenn Carsten Peters

Berpikir kritis, kata Rana, juga bisa dilakukan dengan melatih diri untuk selalu berpikir seimbang, serta berpikir secara efektif dan efisien. “Adapun berpikir untuk memecahkan masalah bisa dimulai dengan berlatih mengidentifikasi masalah, mengumpulkan data, pendapat, dan argumen, menganalisis dan mengevaluasi data, serta membuat kesimpulan untuk mengambil keputusan,” jelasnya.

Di sisi lain, Vice President Head of Marketing East Java Bali PT Indosat Tbk Heny Tri Purnaningsih menguraikan beberapa tantangan dalam mengasah keterampilan digital. Beberapa di antaranya, adalah tidak memasuki sistem informasi orang lain secara ilegal, tidak memberikan user ID dan kata sandi, kepada orang lain, tidak melakukan plagiarisme, dan tidak gegabah memberikan komentar di media sosial.

“Keterampilan digital juga bisa bermakna positif, yaitu untuk mengembangkan minat dan bakat, seperti videografer, membuka jasa edit foto, membuka les daring, atau juga membuka toko daring,” ungkapya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Heny juga menyampaikan sejumlah tren pekerjaan yang marak dibutuhkan di era digital sekarang ini. Contohnya, jasa pembuat konten untuk pemasaran secara digital, insinyur perangkat lunak, dan ahli di bidang media sosial.

Pekerjaan lain yang juga sangat dibutuhkan di era digital, adalah ahli dalam menganalisis data. Dengan hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif.

Kegiatan ini, khususnya ditujukan bagi para komunitas di wilayah Sulawesi dan sekitarnya. Tujuannya, tidak hanya bertujuan untuk menciptakan Komunitas Cerdas, tetapi juga membantu mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih unggul dalam memanfaatkan internet secara positif

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Lebih Cerdas Manfaatkan Fasilitas Paylater

Mengisi Kepulihan Wisata dengan Perluas Portfolio

Pandemi dan Akses Pendanaan yang Kian Tumbuh

Mengulik Profesi Data Scientist

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image