Intip Keterampilan Digital yang Kini Makin Diperlukan

Digicafe  
Unsplash/NordWood Themes
Unsplash/NordWood Themes

Perkembangan digital yang pesat dalam beberapa tahun terakhir, membutuhkan ketrampilan digital. Tak hanya mampu menghindarkan diri dari dampak atau bahaya kejahatan secara digital, ketrampilan digital juga bisa menjadi sumber atau ladang pekerjaan baru.

Dalam webinar bertema “Anak Muda Berani Melangkah Maju: Perkaya Keterampilan di Era Digital!” yang berlangsung Senin (3/10), di Makassar, Sulawesi Selatan, dosen Program Studi Jurnalistik UIN Alauddin Makassar A Fauziah Astrid menjelaskan, di era yang serba digital seperti sekarang ini, ketrampilan digital sangat dibutuhkan untuk bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan di segala sektor.

Beberapa hal ketrampilan digital yang dibutuhkan adalah literasi komputer, manajemen perangkat, mengolah data dan dokumen, menggunakan media sosial dan mesin pencari, serta mengakses informasi yang aman. Selain itu, kelebihan memiliki ketrampilan digital, imbuh Fauziah, adalah dapat meningkatkan produktivitas dan membuat pekerjaan menjadi lebih fleksibel.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Keterampilan digital, lanjutnya, juga membuat peluang mendapat pekerjaan menjadi lebih tinggi. “Sebaliknya, tidak memiliki keterampilan digital akan berdampak buruk terhadap maraknya penyebaran hoaks, menjadi korban penipuan daring, menjadi korban perundungan siber, bahkan tak menutup kemungkinan terseret radikalisme berbasis digital,” ungkapnya.

Senada, Co-Founder & CEO Bicara Project Rana Rayendra menambahkan, di era digital sekarang ini, berpikir kritis dan bertindak tepat memecahkan masalah sangat penting. Menurutnya, berpikir kritis bermanfaat agar seseorang tidak mudah dipengaruhi oleh hal-hal buruk, serta lebih adaptif terhadap segala situasi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image