Meriahkan Wisata Lokal Lewat Konten Digital

Digitalnote  

Stockvault/Greyson Ferguson
Stockvault/Greyson Ferguson

Di sisi lain, masyarakat juga harus meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya agar konten yang dibuat bisa lebih menarik.
Tak lupa, Shodiqul pun membagikan sejumlah tips. “Agar konten menarik, buat sebaik mungkin. Misalnya untuk konten video, buat transisi antar scene yang bagus, tambahkan musik yang sesuai dan suara yang bagus, dan pastikan video harus menarik di awal dan juga di akhir," ujarnya.
Jangan lupa, lanjut Shodiqul, saat video akan diunggah di YouTube, buat thumbnail yang menarik sehingga orang akan tertarik melihat isi videonya. "Perhatikan juga durasinya agar penonton tidak jenuh,” ia mengingatkan.
Menurut Shodiqul, konten pariwisata yang dibuat juga harus original dan berkualitas. Konisitrnsi juga tak kalah penting agar dapat menekankan branding atau pencitraan yang positif tentang keunikan sebuah destinasi.
Bali Baru
Dosen Fikom Universitas Pembangunan Indonesia (UNPI) Astri Dwi Andriani menjelaskan, untuk bisa membangkitkan lagi sektor pariwisata yang dua tahun terpuruk akibat pandemi, pengelola destinasi di daerah harus memperhatikan Unique Selling Point (USP) yaitu keunikan atau kekhasan yang membedakan dengan destinasi lainnya. Contohnya dengan mendorong wisata minat khusus dan antimainstream.
“Jenis wisata ini memang cenderung tidak memiliki pasar yang luas namun justru lebih efektif untuk memberikan promosi positif bagi dunia pariwisata," ungkapnya.
Misalnya, sebuah daerah punya pantai yang bagus, bisa jadi yang dijual atau promosikan bukan hanya pantai dan keindahan lautnya. Tapi, bisa juga dipromosikan wisata dengan minat khusus, seperti ajang lari marathon.
Lebih lanjut, Astri pun mengajak masyarakat untuk menciptakan ‘Bali-Bali baru’ agar wisatawan mancanegara tak hanya mengenal Bali. Tapi, justru punya banyak alternatif destinasi menarik saat berkunjung ke Indonesia.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image