Tebarkan Sejuk di Ruang Digital

Digitalnote  

Stockvault/Jack Moreh
Stockvault/Jack Moreh

Misalnya, dengan menghormati perbedaan serta memperlakukan orang lain secara adil di dunia maya. Beberapa tips yang bisa diterapkan pendakwah di antaranya, selalu mengedepankan akhlak, berhati-hati dalam berbagi konten, utamakan dakwah yang ramah dan bukan yang marah, berkomentar dengan bijak, serta tidak mudah terprovokasi.

“Pahami dulu informasi diterima di internet sebelum merespon dan menyebarkan. Kemudian, dalam berinternet itu kita berperan bukan baperan. Jangan sampai ketika kita hanya melihat sebuah konten dengan membaca judulnya, lalu langsung berapi-api dan tersulut emosinya,” pesannya.

Sedangkan, Jawara Internet Sehat Gorontalo 2022 Julianur R Husain menjelaskan, tokoh agama merupakan salah satu aktor yang memiliki peran sebagai rujukan dan klarifikasi informasi warganet di internet. Sehingga, para penyuluh agama di Tanah Air harus bisa menjadikan diri sebagai benteng untuk melawan penyebaran berita bohong atau hoaks, ujaran kebencian, maupun ajaran radikalisme di internet.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Karena, menurut dia, perkembangan informasi telah memasuki post truth era atau era pascakebenaran. Yakni masa di mana pendapat masyarakat tidak lagi dibentuk oleh fakta dan rasio, melainkan oleh sentimen dan kepercayaan.

“Penyuluh agama kalau sudah masuk di ranah internet maka mereka otomatis sudah menjadi influencer, meskipun dakwahnya hanya mengajak satu orang. Para penyuluh harus selalu ingat bahwa dakwah itu mengajak dan bukan mengejek, dakwah itu mendidik dan bukan membidik,” imbuh Julianur.

Hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif. Kegiatan ini, khususnya ditujukan bagi para komunitas di wilayah Kalimantan dan sekitarnya.

Tujuannya, tak hanya bertujuan untuk menciptakan Komunitas Cerdas, tetapi juga membantu mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih unggul dalam memanfaatkan internet secara positif, kritis, dan kreatif di era industri 4.0.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image