Cakap Digital di Era Transformasi

Digitalnote  

Stockvault/Jack Moreh
Stockvault/Jack Moreh

Data keamanan digital, sepanjang 2021 mengungkapkan, banyak terjadi kasus kebocoran data. Mulai dari, data pengguna di sejumlah lokapasar, data Covid-19 hingga data BPJS Kesehatan.

Hal ini tentunya sangat merugikan. Menurut Agreindra, salah satu celah ketidakamanan itu bisa jadi bersumber dari pengguna.

“Misalnya kita pakai PC untuk mengakses pelayanan publik, lalu mengaksesnya menggunakan internet yang tidak menggunakan antivirus atau antivirusnya yang gratisan. Sehingga tidak menutup kemungkinan di dalamnya ada malware," jelasnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Saat mengakses pelayanan publik, Agreindra melanjutkan, malware yang ada di gawai atau PC kita ikut masuk sehingga terjadi kebocoran data. Untuk itu, tegas Agreindra, kita harus memiliki kecakapan dalam memilih aplikasi yang diunduh.

Sehingga saat mengakses ke sistem pelayanan publik betul-betul bersih, tidak malware ada yang ikut masuk ke sistem.

Sementara itu, Sekretaris Cabang Relawan TIK Karawang Annisa Aprianti mengatakan, warganet cakap digital kini telah mengenal berbagai layanan publik digital. Salah satunya layanan bayar pajak digital. Inovasi pada pelayanan pajak ini mampu mendorong budaya masyarakat taat pajak.

Mengutip data Pajakku 2022, tingkat kepatuhan pajak dari tahun 2016-2021 telah mengalami peningkatan. Di mana pada 2021 kepatuhan pajak di Indonesia mencapai 84 persen dari total wajib pajak yang terdaftar di kantor pajak.

Annisa pun mengajak masyarakat memanfaatkan pelayanan pajak digital sekaligus juga mewaspadai berbagai modus penipuan pajak. “Contohnya ada yang berupa email dan laman palsu yang mengatasnamakan Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Perlu dicatat, email resmi DJP selalu diakhiri dengan @pajak.go.id dan laman resminya adalah https://www.pajak.go.id,” terang dia.

Dengan hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI,diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif. Kegiatan ini khususnya ditujukan bagi para komunitas di wilayah Sulawesi dan sekitarnya.

Kegiatan ini, diharapkan tidak hanya bertujuan untuk menciptakan Komunitas Cerdas, tetapi juga membantu mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih unggul dalam memanfaatkan internet secara positif, kritis, dan kreatif di era industri 4.0.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image