Jurus Tangkal Hoaks di Media Sosial

Digitalnote  

Pixabay/Tumisu
Pixabay/Tumisu

Apalagi, banyak pengaruh dari asing yang juga mudah dijumpai di internet. Nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika pun perlu kembali dikuatkan di ranah digital.

“Untuk dapat berdemokrasi dan bertoleransi di ruang digital bisa dilakukan dengan memberikan kesempatan orang lain berpendapat, mengakui hak minoritas, mengutamakan musyawarah, hormati agama dan ibadah orang lain, serta jangan melakukan perundungan. Carilah informasi dari sumber kredibel,” kata Basuki.

Sementara, pendiri SEJIWA yang juga anggota Dewan Pengarah Siberkreasi Diena Haryana menambahkan, tanpa adanya etika, yang akan muncul hanyalah perbedaan-perbedaan. Etika inilah yang menciptakan standar baru untuk berinteraksi satu sama lain.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Apalagi di ruang digital, yang penggunanya tidak hanya orang-orang Indonesia, melainkan seluruh bangsa di dunia. Oleh karena itu, pengguna internet perlu memiliki kompetensi terkait netiket.

Di antaranya, memverifikasi pesan, berpartisipasi membangun relasi sosial, serta berkolaborasi data dan informasi dengan aman dan nyaman di platform digital. “Penyebar hoaks jelaslah melanggar netiket, sebab dia tidak bisa menjaga kesantunan, membohongi, dan tidak menjaga kedamaian di ruang digital. Selain hoaks, tindakan lain yang juga tidak sesuai netiket adalah melakukan perundungan siber, body shaming dan menghasut," ujar Diena.

Dengan hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI diharapkan akan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif. Kegiatan ini, khususnya ditujukan bagi para komunitas di wilayah Kalimantan dan sekitarnya.

Tujuannya, tidak hanya bertujuan untuk menciptakan Komunitas Cerdas, tetapi juga membantu mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih unggul dalam memanfaatkan internet secara positif, kritis, dan kreatif di era industri 4.0.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image