Kenali Sisi Negatif Jejak Digital

Digitalnote  

Unsplash/Charles Dulvio
Unsplash/Charles Dulvio

Fetty Kurniawati selaku ketua relawan TIK menambahkan, jejak digital dapat terbagi menjadi dua jenis yaitu jejak digital pasif dan jejak digital aktif. Jejak digital pasif adalah jejak yang kita tinggalkan secara daring dengan tidak sengaja dan tanpa sepengetahuan kita, contohnya riwayat penelusuran.
Sementara jejak digital aktif adalah data yang dengan sengaja kita kirimkan di internet, contohnya yaitu konten sosial media. "Jejak digital itu seperti dua sisi mata koin, ada sisi negatif dan sisi positifnya. Untuk negatifnya, jejak digital dapat menjadi salah satu celah untuk kegiatan kriminal digital yaitu dengan menggunakan publikasi data pribadi milik kita,” kata Fetty.
Dengan hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif. Kegiatan ini khususnya ditujukan bagi para komunitas di wilayah Kalimantan dan sekitarnya yang tidak hanya bertujuan untuk menciptakan Komunitas Cerdas, tetapi juga membantu mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih unggul dalam memanfaatkan internet secara positif, kritis, dan kreatif di era industri 4.0.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image