Perhatikan Hal Ini, Sebelum Melakukan Backup Data Digital

Techack  
Dok Western Digital
Dok Western Digital

Setiap tahunnya, 31 Maret diperingati sebagai World Backup Day atau Hari Backup Sedunia, untuk mengingatkan kita tentang pentingnya memiliki data backup untuk kehidupan sehari-hari.

Apalagi, selama pandemi berlangsung, banyak orang yang menjalani periode Work from Home (WFH) dan sekolah daring, sehingga jumlah konten dan data-data digital meningkat pesat.

Pada 2020, jumlah data yang dibuat di seluruh dunia mencapai 54.2B (zettabytes), meningkat 56,6 persen dari tahun sebelumnya. Angka ini diperkirakan akan naik hingga lebih dari 180 ZB pada 2025. Sebagai gambaran 1 zettabytes sama dengan 1 trilliun gigabyte.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Backup konten digital adalah hal yang harus konsisten untuk dilakukan. Faktanya, berdasarkan penelitian dari Western Digital dan Deka pada tahun 2019, dua dari tiga orang Indonesia pernah mengalami kehilangan data di smartphone mereka.

Sebelum kita menyimpan berbagai data digital yang penting, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:

Gunakan USB flash drive.

USB Flash drive adalah solusi simpel, cepat dan terjangkau dengan plug-and-play untuk mengarsipkan file, foto dan video langsung dari smartphone-mu.

Untuk pengguna Iphone yang biasanya tidak memiliki opsi untuk menambah penyimpanan memori internal ponsel, kini Sandisk iXpand Luxe Flash Drive yang hadir dengan dua konektor agar bisa memudahkan perpindahan dan backup file di iPhone, iPad Pro, Mac, dan perangkat lain yang menggunakan USB Type-C, termasuk ponsel Android.

Siapkan Eksternal Drive untuk Kapasitas Ekstra

Seiring dengan meningkatnya jumlah konten digital di dunia yang mencapai 240 ribu foto diunggah ke Facebook dan 65 ribu foto diunggah ke Instagram setiap menitnya, penyimpanan sebesar 1TB mungkin sudah tidak memadai untuk sebagian pengguna. Para pekerja profesional di bidang digital, seperti fotografer, kreator konten, videographer, dan desainer, mungkin membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar untuk menyimpan file mereka.

Untuk kapasitas ekstra besar, kita bisa menggunakan drive eksternal. Saat ini drive eksternal terbagi menjadi dua opsi, yakni Hard Disk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD).

Masing-masing opsi tersebut memiliki keunggulan tersendiri. HDD biasanya memiliki harga lebih terjangkau dengan kapasitas penyimpanan lebih besar dan SSD unggul dari segi kecepatan dan durabilitasnya yang lebih tinggi.

Buat Jadwal Rutin

Untuk memanfaatkan drive eksternal, kita bisa membuat jadwal reminder teratur setiap bulan ataupun tiap tiga bulan, untuk mem-backup foto dan video di smartphone ke dalam hard drive eksternal.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Agar Selalu Aman di Dunia Maya

Istilah Teknologi Hari Ini: NFT Minting

Cara Mudah Ubah Sampah Jadi Pulsa

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image