Mari Lakukan Kebiasaan Digital Sehat di Tahun Baru

Digicafe  
Dok Kaspersky
Dok Kaspersky

Awal Januari adalah waktu yang tepat untuk mulai menerapkan berbagai kebiasaan baru. Termasuk juga, kebiasaan digital yang sehat.

Di awal tahun ini, kita masih punya waktu untuk berkomitmen pada diri sendiri dan mencoba mengikutinya selama setahun depan. Kaspersky pun menyarankan beberapa daftar kebiasaan digital sehat sederhana yang dapat memperkuat keamanan data pribadi kita, bahkan membuat hidup lebih nyaman di tahun mendatang. Di antaranya:

1. Tahun Baru, kata sandi baru

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mulailah tahun ini dengan merevisi kata sandi yang tepat. Sekarang saatnya untuk memeriksa dan mengubah kata sandi di semua akun.

Jangan lupa, ingat aturan utamanya yaitu jangan menggunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun. Jika Anda seperti banyak orang dan memiliki beberapa akun daring, solusi pengelola kata sandi yang andal bisa akan sangat membantu.

Pengelola kata sandi modern memiliki fitur yang sangat menyederhanakan hidup dengan kata sandi. Misalnya, kita dapat menggunakan fitur isi otomatis untuk berbagai peramban dan platform.

Opsi praktis lainnya adalah pembuat kata sandi otomatis. Hasilnya, pengelola kata sandi akan membantu kita menghasilkan kata sandi yang unik dan rumit untuk setiap akun. Tapi, kita hanya perlu mengingat satu kata sandi utama.

2. Berlangganan notifikasi tentang kebocoran data akun

Selain kebocoran data kata sandi yang lemah, ada ancaman lain bagi akun pribadi dan perusahaan. Sayangnya, pelanggaran data cukup sering terjadi, dan sulit untuk melacak semuanya.

Jika detail akun kita bocor, penyerang dapat menggunakannya untuk mengambil alih akun. Namun di tahun baru ini, kita dapat mengatasinya dengan berlangganan layanan yang memiliki kemampuan untuk memindai kebocoran data terkini dan apakah pelanggaran tersebut berisi data pribadi kita.

Pengelola kata sandi tingkat lanjut juga menyertakan fitur ini dan dengan cepat memberi tahu pengguna jika ada login atau kata sandi yang ditemukan dalam kebocoran data terbaru.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Lebih Cerdas Manfaatkan Fasilitas Paylater

Mengisi Kepulihan Wisata dengan Perluas Portfolio

Pandemi dan Akses Pendanaan yang Kian Tumbuh

Mengulik Profesi Data Scientist

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image