Digitalnote

Ternyata Begini Kebiasaan Belanja Masyarakat Sepanjang 2022

Dok Midtrans
Dok Midtrans

Menjelang akhir tahun, minat belanja daring masyarakat Indonesia makin mengalami peningkatan. Hadirnya berbagai festival belanja daring yang diselenggarakan berbagai lokapasar, juga menjadi faktor pendorong minat belanja konsumen.

Midtrans, penyedia layanan payment gateway dari GoTo Financial, mencatat tren peningkatan transaksi daring yang diproses melalui platform Midtrans di periode khusus, seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Ternyata, sepanjang 2022, transaksi daring di Midtrans tercatat meningkat hingga tiga kali lipat pada tanggal promosi khusus, seperti Harbolnas.

Ini terlihat dari aktivitas belanja di berbagai merchant Midtrans yang menggunakan platform digital, mulai dari marketplace besar hingga UMKM yang berjualan lewat website. Head of Merchant Payment Strategy GoTo Financial Dea Deviana, mengatakan kecenderungan masyarakat berbelanja menjelang akhir tahun dapat dijadikan kesempatan bagi para pelaku usaha atau merchant untuk memberikan pelayanan terbaik yang berorientasi kepada konsumen.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Antusiasme konsumen memilih transaksi di platform digital dapat diselaraskan dengan memberikan pengalaman belanja yang baik. Sehingga merchant dapat terus menjadi pilihan pelanggan," kata Dea.

Ia pun membagikan beberapa tren transaksi digital lainnya yang tercatat oleh Midtrans di 2022, antara lain:

Tak Hanya Harbolnas, Transaksi Online Meningkat Pada Momen Gajian

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2021, penduduk Indonesia rata-rata menghabiskan Rp 1,26 juta per bulan untuk konsumsi. Momen Harbolnas dan festival belanja darinh serupa pun menjadi ajang yang menarik bagi konsumen untuk berbelanja berbagai macam kebutuhan lewat platform digital.

Selain itu, momen gajian juga berkontribusi dalam kenaikan transaksi belanja daring di platform digital. Pembayaran daring yang dilakukan di hari gajian dan diproses oleh payment gateway Midtrans juga tercatat lebih tinggi 1,2 kali lipat dibandingkan hari-hari lainnya.

Hal ini menunjukan minat belanja masyarakat yang tinggi pada momen-momen tertentu. Dehingga para pelaku usaha dapat menyiapkan strategi yang tepat untuk memfasilitasi kenaikan volume transaksi di waktu tersebut.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict