Serba-serbi Penggunaan Elektronik di Pengungsian
Digitalnote
Menurutnya, dengan kondisi serba terbatas, higienitas kerap lepas dari perhatian para pengungsi diantara kebutuhan lainnya. “Kami berharap, dukungan ini dapat membantu meringankan beban pengungsi utamanya dalam hal penjagaan higienitas,” ujar Taejin.
Untuk menjalankan layanan cuci pakaian gratis ini, LG membawa enam unit mesin cuci berkapasitas 14 kilogram. Dengan jumlah tersebut, perusahaan mengharapkan dapat memberi layanan pada lebih dari 100 orang setiap harinya.
Namun, LG tak membatasi jumlah cucian masing-masing orang yang memanfaatkan jasa ini. Dalam memberikan layanan cuci pakaian gratis ini, LG juga bakal berupaya menerapkan berbagai kemudahan untuk menghindari kemungkinan terjadinya kerumunan.
Termasuk, di antaranya merancang agar masyarakat dapat datang dan hanya mendaftarkan cucian pada petugas di tenda. Saat pakaian kemudian selesai dicuci, petugas akan membantu mengantarkannya atau yang bersangkutan dapat mengambilnya kembali di tenda layanan cuci gratis LG.
Tenda kepedulian LG Loves & Cares ini akan memberikan layanan sepanjang sepuluh hari penuh, sejak 5 Desember 2022. Namun demikian, hal ini merupakan perencanaan awal yang dapat berubah sesuai dengan dinamika pelaksanaannya di lokasi.
Langkah serupa jiga dilakukan PT Sharp Electronics Indonesia melalui program CSR (Corporate Social Responsibilities)-nya yaitu ‘Sharp Cares’, kembali menggelar program ‘Bakti Untuk Negeri : #SharpPeduliCianjur’. Berkolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan Nasional Human Initiative, Sharp mendirikan posko dapur air guna memenuhi kebutuhan air bersih dan pembuatan susu bagi pengungsi balita, fasilitas sanitasi untuk mendukung kegiatan harian mereka.
Selain itu, Sharp juga menempatkan produk mesin cuci yang dilengkapi dengan genset sebagai penunjang penggunaan daya listrik. “Kami memberikan mesin cuci guna mempermudah para ibu dalam mencuci pakaian untuk menyediakan pakaian ganti yang bersih bagi seluruh anggota keluarga”, ungkap Pandu Setio selaku Head of PR & Brand Communication Department, PT Sharp Electronics Indonesia.
Memurutnya, Sharp akan memfokuskan layanan bantuan di tiga titik pengungsian yaitu desa Sukamulya, Desa Mangunkerta dan Desa Benjot. Ke depannya Sharp pun akan menggelar kampanye servis gratis guna meringankan beban warga terdampak gempa.
”Kami akan memberikan layanan servis gratis dan diskon suku cadang bagi warga yang ingin melakukan perbaikan produk. Kampanye ini akan kami jalankan jika situasi sudah kondusif, saat ini kami fokus dalam membantu pemulihan pascabencana”, jelas Aceng Kurnia, Kepala Servis Sharp Indonesia Bandung.
Ia menyampaikan, diharapkan melalui bantuan ini, Sharp dapat meringankan beban warga terdampak dan membantu dari sisi yang belum tersentuh oleh para donatur lainnya. Karena, sanitasi merupakan salah satu kebutuhan yang krusial bagi warga pengungsi.
