Piala Dunia Qatar 2022, Makin Pintar dengan Kecerdasan Buatan

Digicafe  
Unsplash/Rhett Lewis
Unsplash/Rhett Lewis

Kecanggihan teknologi dan digitalisasi, saat ini bisa kita temui dalam berbagai kesempatan. Baik dalam kehidupan sehari-hari, ataupun ajang bergengsi kelas dunia, seperti Piala Dunia.


Digelar di Qatar pada 20 November - 18 Desember 2022, ada berbagai pemanfaatan teknologi terkini yang digunakan untuk makin menunjang pertandingan. Dikutip dari Washington Post, Selasa (22/11/22), beberapa teknologi terkini yang digunakan dalam ajang ini, antara lain:


1. Sensor pada bola

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca


Bola pertandingan resmi yang dibuat Adidas untuk Piala Dunia kali ini memiliki beragam sensor gerak di dalamnya. Berbagai sensor tersebut dapat melaporkan data lokasi yang tepat pada bola 500 kali per detik.


Menurut Adidas, penggunaan sensor ini juga diharapkan dapat membantu wasit membuat keputusan yang lebih tepat. Bola yang akan digunakan di 64 pertandingan turnamen ini juga akan memberi berbagai informasi yang dapat digunakan para ofisial untuk melacak statistik dan memantau permainan.


2. Penguatan VAR
Penggunaan Virtual Asisstant Referee (VAR) sudah dimulai sejak Piala Dunia 2018. Hanya saja, tahun ini VAR terus mengalami perkembangan teknologi dengan sistem yang bergantung pada kamera pelacak dan dipasang di bawah atap stadion untuk melacak bola berisi sensor, hingga 29 titik data di tubuh setiap pemain.


Pelacakan juga semakin detil dengan kecepatan 50 kali per detik. Poin data yang melacak kaki pemain dan lokasi bola, kemudian akan dimasukkan ke dalam sistem kecerdasan buatan, untuk kemudian membantu wasit membuat keputusan yang akurat tentang penalti, siapa pemain yang offside.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image