Asupan Gizi Tepat Bagi Pegiat Olahraga

Digicafe  
Unsplash/Kelly Sikema
Unsplash/Kelly Sikema

Masa pandemi telah mendorong masyarakat untuk lebih sering berolahraga demi menjaga kesehatan. Dalam kegiatan menyambut Hari Olahraga Nasional pada 9 September 2022, Tokopedia mengungkapkan, subkategori sepeda, hiking dan camping, aksesoris olahraga, sepak bola hingga alat pancing, menjadi kategori yang paling populer pada kategori olahraga di Tokopedia selama semester pertama di 2022.

Menurut Ketua Asosiasi Nutrisionis Olahraga & Kebugaran Indonesia (ANOKI), Dr Mury Kuswary SPd MSi, ada beberapa asupan gizi yang esensial bagi seorang atlet untuk meningkatkan kekuatan otot, daya tahan fisik, dan proses pemulihan setelah latihan fisik intens. “Bagi seorang atlet, untuk meningkatkan kekuatan otot tentunya zat gizi protein berperan sangat penting dalam membantu proses sintesis protein, supaya kekuatan otot serta proses recovery nantinya menjadi optimal. Kendati memiliki peran penting, tentunya juga harus didukung dengan zat gizi makro dan mikro lainnya dengan kualitas yang baik," ujarnya.

Selain kualitas, Mury melanjutkan, jumlah yang tepat serta meal timing menjadi faktor penting agar atlet dapat menampilkan performa terbaik saat latihan maupun pertandingan. Menurutnya, program penyesuaian menu makanan dan asupan gizi, sangat baik diterapkan bagi atlet maupun para pegiat olahraga di Indonesia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebagai produsen bumbu yang fokus akan masalah kesehatan dan asupan gizi masyarakat Indonesia, PT Ajinomoto Indonesia, memiliki program unggulan untuk pengembangan kebutuhan atlet maupun pegiat olahraga yakni ‘Winning Meals Kachimeshi’. Program ini merupakan adaptasi dari program Ajinomoto Co Inc di Jepang yang mendukung kondisi atlet di Jepang melalui bimbingan terkontrol dari nutrisionis olahraga.

Termasuk juga, pemberian menu makanan dan gizi yang disesuaikan disertai dengan suplementasi produk Aminovital. Di Indonesia, pada awalnya program ‘Winning Meals Kachimeshi’ bertujuan mewujudkan kinerja yang lebih baik dari atlet nasional agar dapat berbicara banyak dan menjadi juara di kancah Internasional.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image