Perpaduan Desa Wisata dan Teknologi Konservasi

Digitalnote  
Freepik/Raw_pixel
Freepik/Raw_pixel

Pengembangan konsep desa wisata, memainkan peran penting dalam mewujudkan kemandirian desa. Desa Bongkasa Pertiwi yang berlokasi di Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung Bali merupakan salah satu Desa Wisata yang ditetapkan oleh Bupati Badung sebagai desa wisata yang mandiri, maju, dan sejahtera. Desa ini juga menjadi lokasi program pemberdayaan masyarakat binaan Danone-Aqua.

Pada Kamis (1/8/2022), Wakil Menteri Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI bersama 200 perwakilan delegasi rangkaian agenda presidensi G20, yang terdiri dari pejabat setingkat menteri dari negara anggota G20, negara undangan, dan organisasi internasional, mengunjungi Desa Bongkasa Pertiwi. Kunjungan ini menjadi bagian dari rangkaian agenda G20 The Third Meeting of the Environment Deputies and Climate Sustainability (3rd EDM-CSWG) dan Joint Environment and Climate Minister’s Meeting (JECMM) yang bertujuan secara spesifik membahas isu lingkungan dan perubahan iklim.

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Sigit Reliantoro menjelaskan, Desa Bongkasa Pertiwi dipilih sebagai contoh sukses pengelolaan lingkungan berbasis masyarakat. "Selain itu, visi kemandirian yang dipegang masyarakat untuk dapat mandiri dalam pengelolaan air, pangan, energi, pengelolaan sampah serta pengelolan wisata dapat menjadi daya tarik sekaligus contoh konkret bagi para perwakilan delegasi G20," ujarnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image