Menilik Transformasi Digital di Tanah Papua

Digitalnote  
Pixabay/Ady_fauzan
Pixabay/Ady_fauzan

Proses transformasi digital dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia. Tak hanya bica infrastruktur, namun juga kesiapan masyarakat dalam menjalani kehidupan di era digital.
Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong mengungkapkan, saat ini telah banyak BTS (base transceiver station) dihadirkan di Papua. "Dengan adanya infrastruktur digital, maka para UMKM di Papua akan bisa memasuki era teknologi digital, kata Usman dalam diskusi daring Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertema "Bangga Buatan Indonesia, Geliat UMKM Papua" Kamis, (18/8/22).
Menurutnya, Kemkominfo sendiri telah mempersiapkan sejumlah infrastruktur digital di Papua. Hal ini dalam rangka mendukung UMKM Papua go digital.Namun sejatinya, persiapaan infrastruktur saja tidak cukup, diperlukan persiapan dan pengembangan sumber daya manusia yang akan menggunakan infrastruktur digital ini. Oleh karena itu, Kemkominfo juga melakukan pendampingan dari sisi SDM.
Di antaranya, dengan melakukan literasi digital bekerjasama dengan kementerian dan lembaga terkait seperti Kementerian Koperasi dan UKM. Di forum yang sama, Dirjen Informasi dan Komunikasi Perekonomian Maritim, Septriana Tangkary mengatakan, salah satu yang diharapkan dari gelaran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Papua ini adalah digitalisasi UMKM.
"Ini adalah salah satu cara bagaimana UMKM bertahan di masa digital ini. Kita berharap seluruh teman-teman binaan bisa on boarding melampui target yang kita harapkan," ujarnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image