Seberapa Siap Indonesia Mengadopsi Layanan 5G?

Digicafe  
Pixabay/Mohammed Hassan
Pixabay/Mohammed Hassan

Jaringan telekomunikasi semakin hari kian berkembang, setelah kemunculan jaringan 4G pertama kali di Norwegia pada akhir 2009. Saat ini dunia, termasuk Indonesia telah memasuki era 5G.

Teknologi 5G pertama kali hadir di Korea Selatan pada 2019 dan diresmikan di Indonesia pada 27 Mei 2021. Sejak pertengahan tahun lalu, 5G secara resmi hadir di Indonesia.

Layanan konektivitas terbaru ini pun hadir dengan menjanjikan kecepatan yang jauh lebih tinggi, latensi supersingkat, dan kecepatan unggah dan unduh yang sekejap saja. Beberapa waktu lalu, Populix meluncurkan laporan survei berjudul “Mobile Phone Usage and 5G Network Projection” yang membahas tentang penggunaan ponsel serta masa depan jaringan 5G di kalangan masyarakat Indonesia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Survei dilakukan terhadap 1.000 responden laki-laki dan perempuan berusia 18-55 tahun pada 4-14 Juli 2022. Hasilnya, Di tengah maraknya perkembangan jaringan 5G di Indonesia, 79 persen orang yang disurvei mengatakan, mereka sudah mengetahui tentang jaringan 5G.

Namun, 12 persen responden lainnya mengatakan ragu-ragu dan sembilan persen mengatakan, tidak mengetahui seputar jaringan generasi kelima ini. Di kalangan orang-orang yang sudah mengetahui tentang 5G, koneksi internet yang cepat merupakan keunggulan 5G yang paling dikenal.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image