Ragam Cara Meraih Cuan di Dunia Maya

Digicafe  
Unsplash/Fikret Tozak
Unsplash/Fikret Tozak

Hobi berselancar di internet, apabila ditekuni dengan sungguh-sungguh, bisa menghasilkan uang dan menjadi sumber pendapatan baru. Beberapa contohnya seperti menjadi narablog tentang kuliner, destinasi wisata, ataupun resensi film.

Demikian yang dibahas dalam webinar yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dengan tema “Jadikan Hobi untuk Mendulang Cuan”, Jumat (15/7), di Makassar, Sulawesi Selatan. Menurut Pendiri Duaide.com Desty Dwiyanasari, saat ini terdapat banyak hobi kekinian yang dapat mendatangkan uang.

Contohnya, ada yang gemar menjelajah tempat baru dan kuliner, lalu memanfaatkan hobinya dengan menjadi narablog khusus makanan maupun destinasi wisata. Desty pun memberikan beberapa tips dan trik untuk memaksimalkan konten hobi tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Di antaranya, menggunakan aplikasi yang sesuai, belajar mengoptimalisasi konten, dan meningkatkan keterampilan dengan literasi digital. “Gunakan kecakapan digital untuk mencari informasi dari mesin pencarian peluang hobi yang sesuai dengan minat," kata Desty.

Selain itu, hilangkan pola pikir ketakutan yang berlebihan dan kekhawatiran yang tidak masuk akal. "Mari mulai melakukan sesuatu sesuai dengan yang kita bisa,” ia melanjutkan. Senada, relawan TIK Sulawesi Barat Mahadir menerangkan, strategi bisnis digital dapat diartikan sebagai rencana yang cermat dalam memanfaatkan alat-alat digital dan kecanggihan teknologi untuk mencapai sasaran.

Selain itu, Mahadir menyebut, ada beberapa strategi kreatif bagi pemula yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis di era digital. Mulai dari, melakukan riset pasar, pemanfaatan teknologi secara cakap, promosi yang mudah diakses, pelayanan prima, dan senantiasa berinovasi untuk kemajuan bisnis.

“Strategi kreatif dalam pengembangan bisnis dapat memberikan manfaat berupa potensi untuk meraup keuntungan, jangkauan pemasaran yang lebih luas, dan motivasi untuk menempa diri menjadi pribadi yang lebih produktif,” ujar Mahadir.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image