Mengenal Berbagai Macam Fungsi VPN

Digicafe  
Stefan Coders
Stefan Coders

VPN atau Virtual Private Network adalah alat serbaguna yang dimanfaatkan banyak orang sebagai asisten untuk melindungi data pribadi saat melakukan berbagai kegiatan secara daring. Namun, selain menjelajahi internet, ada beberapa kegunaan unik lain yang dimiliki VPN.

VPN berfungsi menyembunyikan lokasi pengguna dan mengubah alamat IP mereka ke negara tempat server ditempatkan. Situs kemudian memberikan kesan bahwa pengguna secara fisik berada di negara yang dipilih, dan memungkinkan mereka untuk menggunakan internet seolah-olah mereka adalah penduduk wilayah tersebut.

Survei Riset dan Pasar tentang VPN memperkirakan, pasar VPN bernilai 35,4 miliar dolar Amerika Serikat (AS) pada 2020. Peningkatan popularitas VPN ini tidak hanya karena pertumbuhan sistem kerja dari rumah, tapi juga karena peningkatan kesadaran digital selama beberapa tahun terakhir.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain untuk keamanan, berbagai fungsi lain dari VPN, antara lain:

Akses supercepat

ISP (Penyedia Jasa Internet) terkadang dapat membatasi akses ke berbagai layanan, situs lama, gim, dan portal lainnya. Hal ini menyebabkan situs yang sama dimuat dengan kecepatan berbeda di negara yang berbeda. Kita pun dapat menggunakan VPN untuk menghindari masalah ini hanya dengan mengubah geografi server.

Langkah ini bisa sangat berguna bagi para gamer yang perlu mengakses gim dari berbagai negara tanpa kehilangan kecepatan lalu lintas.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Agar Selalu Aman di Dunia Maya

Istilah Teknologi Hari Ini: NFT Minting

Cara Mudah Ubah Sampah Jadi Pulsa

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image