Tips Membuat Webseries Bermodal Smartphone

Digitalnote  
Pexels/Cottonbro
Pexels/Cottonbro

Ada potensi berkreasi yang tak terbatas yang bisa dilakukan dengan smartphone. Fungsi smartphone saat ini sudah jauh dari sekadar alat komunikasi.

Ada potensi karya tak terbatas yang bisa dihadirkan dengan hanya memanfaatkan perangkat smartphone. Salah satu sutradara Indonesia Andri Cung pun, beberapa waktu lalu, sempat membagikan tips membuat webseries hanya dengan memanfaatkan smartphone.

Sebelumnya, ia telah membuat webseries sebanyak empat episode dengan memanfaatkan salah satu perangkat flagship dari Samsung. Untuk menghadirkan cerita yang menyentuh, menurut Andri, peran sutradara sangatlah penting.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Oleh karena itu, Andri beripaya memanfaatkan teknologi seperti Cinematic Camera Movement, Auto Framerate hingga Nightography untuk memberi hasil sinematografi yang memanjakan mata.

Andri pun memberikan tips dan trik bagi para sineas dan filmmaker untuk mendapatkan scene yang mumpuni, dengan memanfaatkan perangkat telepon pintar.

1. Maksimalkan Cinematic Camera Movement untuk Rekam Adegan Bergerak Salah satu tantangan Andri dalam membuat webseries adalah latarnya yang digarap di Sumba. Jadi, Andri perlu banyak merekam dengan kondisi bergerak, mulai dari mengikuti para pemain yang berjalan menjelajahi Sumba, mengikuti para pemain berlarian bersama anak-anak di kampung adat, hingga merekam saat berada di dalam mobil.

Ia pun memanfaatkan Cinematic Camera Movement, agar tiap rekaman yang dihasilkan smooth, stabil, dan minim getaran. Cinematic Camera Movement, juga dapat dimaksimalkan untuk membuat scene yang lebih hidup dan dinamis di dalam karya yang dibuat.

2. Puas Ambil Gambar di Bawah Sinar Matahari dengan Auto Framerate Fitur Auto Framerate mampu menyesuaikan fps dan shutter speed terhadap kondisi cahaya untuk mendapatkan tingkat kecerahan dan detail yang lebih baik. Sehingga bisa mengabadikan kondisi alam yang terbuka, seperti Sumba dengan begitu epic.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Istilah Teknologi Hari Ini: Bull Market

Antusias Terapkan Praktik Zero Waste

Istilah Teknologi Hari Ini: ICO

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image