Sisa Cerita dari Mandalika

Literasi  
Instagram/XL Axiata
Instagram/XL Axiata

Perhelatan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah berakhir, pada Ahad (20/3/2022) lalu. Ajang bergengsi ini sukses digelar Indonesia, berkat semua pihak- yang bekerja di belakang layar.

Mulai dari, menyiapkan kelengkapan persiapan sirkuit, kelengkapan logistik hingga persiapan jaringan telekomunikasi.

Tentu saja, hal ini menjadi momentum penting bagi XL menghadirkan layanan guna mensukseskan gelaran balap MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pujian kepada operator XL Axiata pun kembali diberikan oleh Aleix Espargaro pebalap MotoGP asal Spanyol yang sesampainya di lokasi, membeli kartu perdana milik operator biru tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam unggahannya di salah satu media sosial kali ini, Aleix Espargaro yang mengenakan pakaian olahraga bersepeda memberikan pujiannya kepada 'jaringan" XL Axiata. "The blue is the good one", ucap Aleix Espargaro di salah satu media sosial beberapa waktu lalu.

XL Axiata memang gencar melakukan peningkatan kualitas jaringan 4G di area Mandalika dan di seluruh penjuru Lombok. Pada jaringan 4G, XL Axiata telah mempersiapkan penambahan kapasitas dan jangkauan jaringan di beberapa titik di sekitar area Mandalika.

Di antaranya, penggunaan teknologi terbaru Massive Multiple-input multiple-output (MIMO) serta penambahan hingga 9 Mobile BTS (MBTS) pada titik-titik hotspot serta titik-titik akses kawasan. Demi, memastikan kelancaran aktivitas internet bagi pengunjung, masyarakat serta satuan kerja pada area kawasan Mandalika.

Dok Huawei 
Dok Huawei

Cerita unjuk gigi di Mandalika juga dimiliki Huawei yang menggelar berbagai showcase kemampuan teknologi 5G di ajang MotoGP 2022. Pada ujicoba yang dilakukan, spektrum mmWave yang diterapkan oleh Telkomsel mampu mencapai throughput 5G tertinggi 5,18 Gbps.

Dalam uji coba C-band (3.5GHz), yang terbuka untuk para penonton, Kominfo menyediakan 100 MHz bandwidth untuk ajang ujicoba kali ini. Hasilnya, puncak throughput 2,08 Gbps pun dapat tercapai.

Rencananya, spektrum 3.5GHz akan dirilis tahun depan, dengan menggabungkan spektrum emas dengan teknologi yang lebih matang. Sehingga membuka lebih banyak peluang untuk menghasilkan skenario pemanfaatan baru dan pengalaman pengguna tanpa batas.

Di antaranya. robot humanoid, cloud gaming, drone 5G, virtual reality, hingga augmented reality (AR industrial work instruction).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image