Tips Agar Penjualan Naik 10 Kali Lipat
Upaya untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencarian dengan menggunakan kaidah SEO (Search Engine Optimization) dapat mengundang lebih banyak calon pembeli. Hal ini diungkapkan oleh SEO Senior Lead Tokopedia, Frans Fernando.
Ia pun membagikan lima tips agar UMKM lokal dapat mengoptimalkan SEO sehingga produk lebih mudah ditemukan oleh pembeli.
1. Perhatikan cara penulisan nama produk
Hal pertama yang dicari oleh calon pembeli adalah nama produk. Jika nama produk ditulis sesuai dengan produk yang dijual, hal ini akan memudahkan calon pembeli menemukan produk yang diinginkan.
2. Deskripsi produk sesuai kata kunci.
Saat menuliskan deskripsi produk, gunakan kata kunci yang relevan, supaya calon pembeli lebih tertarik dan membuat produk muncul di halaman pencarian. Misalnya untuk produk Sambal, kata kunci yang relevan, adalah Sambal Matah, Sambal Dabu-Dabu, dan Sambal Bawang.
3. Tambahkan tautan yang relevan
Mencantumkan tautan akun toko Tokopedia pada halaman media sosial atau situs yang dikelola juga penting untuk membantu meningkatkan pengunjung, penjualan dan kepercayaan calon pembeli. Hal ini juga akan mengoptimalkan performa SEO.
4. Optimalkan visual produk
Foto atau gambar produk dapat membantu meningkatkan jumlah calon pembeli yang berkunjung ke halaman produk. Semakin banyak jumlah pengunjung maka akan mempengaruhi secara positif urutan rating toko di mesin pencarian. “Gunakan foto yang jelas, jernih dan menarik agar calon pembeli merasa terpikat untuk melihat produk Anda,” jelas Frans.
5. Kombinasikan kata kunci
Kombinasi kata kunci yang saling berkaitan pada produk akan memudahkan calon pembeli menemukan barang yang lebih spesifik. Contoh cara menamai produk yang baik adalah dengan mencantumkan jenis produk, merek, dan keterangan, seperti model/pola, tipe atau warna. Misalnya, “Mukena Wanita (Merek) Merah Ukuran M” akan lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli yang mencarinya.