Strategi Cuan dengan Google AdSense

Umum  
Pixabay
Pixabay

Digitalisasi yang semakin cepat bergulir, tak bisa dilepaskan dari faktor pandemi Covid-19. Situasi yang terjadi dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini, membuat banyak orang memanfaatkan internet sebagai lahan penghasilan mereka.

Tak hanya bagi para pelaku bisnis yang mulai berjualan di dunia maya, banyak pula pencari pendapatan tambahan dengan blogging.

Para blogger biasanya bisa meraup pendapatan tambahan dengan mudah melalui internet dengan membuat Google AdSense. AdSense adalah layanan iklan dari Google yang memungkinkan pengguna menampilkan iklan pada blog maupun laman yang dimiliki.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Penyedia iklan akan menawar space pada blog atau laman milik seseorang dan nantinya pemilik akan dibayar berdasarkan jumlah orang yang melihat dan mengklik iklan tersebut. Dani Indra Kuswoyo, Product Manager Niagahoster, menjelaskan sudah banyak pemilik laman yang melakukan monetisasi menggunakan Google AdSense karena penggunaan layanannya yang cukup mudah. “AdSense juga menawarkan komisi lebih besar dibandingkan dengan layanan serupa. Tentunya ini menjadi alasan kenapa pemilik laman atau blog memasang AdSense,” ujarnya.

Iklan yang tampil di blog atau laman pun akan menyesuaikan audiens dan target pasar yang dituju. Sehingga para blogger tidak perlu khawatir akan munculnya iklan-iklan aneh di laman miliknya.

Pemilik laman juga diberi keleluasaan untuk mengedit format dan desain iklan. Jika tidak menyukai iklan yang ada, mereka bisa menghapus iklan tersebut dari blognya.

Biasanya, Google akan melakukan pembayaran di setiap bulannya. Pencairan dapat dilakukan dengan syarat sudah memenuhi penghasilan sebesar 100 dolar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp 1,4 juta.

Pendapatan pun bisa otomatis dihentikan jika blog kehilangan iklan atau trafik. Sehingga pemilik laman harus mempertahankan trafik untuk bisa mendapatkan penghasilan signifikan.

Pastikan Konten Menarik

Blog atau laman harus memiliki trafik yang besar serta konten yang menarik untuk bisa memasang Google AdSense dan mendapatkan penghasilan yang stabil. Sebagus apapun tampilan laman, jika tidak memiliki konten yang unik dan menarik, akan sulit untuk mendatangkan trafik.

Pengunjung setia akan pun biasanya akan datang jika blogger secara aktif membuat konten original yang berkualitas. Jika pengunjung sudah menyukai konten yang dibuat, mereka akan dengan suka rela menceritakan atau menyarankan blog tersebut ketika orang lain sedang mencari konten yang sejenis.

Hal tersebut bisa membantu untuk mendatangkan trafik dan mengembangkan blog Bagi para blogger yang baru memulai memasang Google AdSense, pastikan blo/ sudah memiliki 10-15 artikel yang aktif dan setidaknya memiliki 100 pengunjung setiap hari untuk bisa dengan mudah mendapatkan persetujuan Google untuk pengaktifan akun AdSense yang diajukan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image