Manisnya Pertumbuhan Pasar Kecantikan di Lokapasar
Saat ini, industri kecantikan di dalam negeri tengah mereguk kesuksesan yang sangat signifikan. Berbagai jenama lokal baru untuk perawatan kulit, kosmetik, hingga parfum, terus bermunculan dan menarik minat para beauty enthuasiast di Indonesia.
Kategori perawatan diri (personal care) dan kecantikan (beauty) di Lazada, merupakan salah satu kategori populer dalam pemenuhan kebutuhan produk sehari-hari konsumen Indonesia. Berbagai jenama untuk kedua kategori ini pun telah menjadi ujung tombak pertumbuhan pesat kategori ini di industri lokapasar.
Dengan pertumbuhan kategori fast moving consumer good (FMCG), termasuk di dalamnya personal care dan beauty yang diperkirakan meningkat sebesar 9,9 persen secara year on year di 2023, Lazada melalui kanal LazMall pun memberikan ragam pilihan bagi para konsumen. Terutama, untuk menghadirkan pemahaman yang mendalam tentang preferensi konsumen.
LazMall adalah salah satu kanal unggulan Lazada yang menyajikan beragam produk otentik dari berbagai jenama, baik internasional maupun lokal yang digemari oleh konsumen. Kategori FMCG di LazMall Indonesia pun berhasil mencatatkan peningkatan jumlah konsumen yang berbelanja sebanyak 4,5 kali lipat dengan jumlah order sebanyak 3,5 kali lipat di tiga tahun terakhir.
Category Director, LazMall FMCG, Lazada Indonesia mengatakan, Lia Kurtz menjelaskan, kategori FMCG merupakan kategori yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat dan sejak lepas pandemi. Menurutnya, kebiasaan untuk berbelanja daring, ternyata tidak berkurang.
Bahkan, kata dia, untuk kebutuhan sehari-hari semakin banyak orang yang merasa lebih nyaman berbelanja daring di platform-platform yang terpercaya. “Di Lazada sendiri, dalam tiga tahun terakhir terlihat jumlah order dan pembeli produk FMCG Lazmall di Lazada. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan personal care dan beauty juga mendorong munculnya brand-brand produk personal care dan beauty lokal yang merebut perhatian serta sangat diminati oleh pembeli,” ujar Lia.
Hal ini jugalah yang mendorong pertumbuhan di kategori FMCG Lazmall Lazada. Berbagai jenama baik internasional dan lokal berlomba-lomba untuk memperkenalkan produk-produknya melalui platform lokapasar, untuk memperluas jangkauan pasarnya.
“Lazada berkomitmen memberikan pengalaman belanja daring terbaik dengan produk 100 persen otentik, khususnya di kategori perawatan pribadi dan kecantikan melalui berbagai kanal khusus seperti LazMall Daily Store, Mother & Baby Store dan yang baru-baru ini kami luncurkan, kanal LazBeauty,” ujar Lia, dalam Lazada Media Gathering, 2023 Insight Updates: Personal Care and Beauty by LazMal, di Jakarta, Rabu (6/9/2023).
Perkuat Pengalaman Belanja
Selain memastikan produk yang ditawarkan otentik, Lazada juga berupaya memperkaya pengalaman belanja daring, dengan layanan pengiriman cepat dan gratis ongkir. Selain itu, melalui kanal LazMall, Lazada juga memudahkan konsumen dengan layanan 15 days return guarantee untuk memudahkan konsumen apabila mereka berubah pikiran akan barang yang mereka beli. Selain itu ada pula kompensasi apabila terjadi keterlambatan dalam pengiriman.
Semua ini bertujuan memenuhi kepuasan konsumen dan mendukung pertumbuhan jenama perawatan pribadi dan kecantikan favorit mereka. Hal ini pun menjadi keuntungan yang dirasakan Wings Group, salah satu perusahaan FMCG asli Indonesia yang menyediakan kebutuhan sehari-hari bagi konsumen.
Wings Group telah bergabung dengan LazMall sejak akhir 2019 dan mengalami pertumbuhan yang signifikan di platform ini. "Kami melihat Lazada sebagai platform yang membantu kami untuk memperluas distribusi produk kami ke seluruh Indonesia, karena sesuai dengan filosofi perusahaan, yaitu ‘the good things in life should be accessible for all’,” ujar Wilson Limandibrata, Head of Ecommerce Wings Group.
Senada, Ratna Purwaningrum, selaku eCommerce Manager dari PT Eka Jaya Internasional (Hanasui) menjelaskan, LazMall telah memberikan dampak yang signifikan bagi jenama seperti Hanasui dengan membantu meningkatkan brand awareness melalui eksposur yang strategis, serta peningkatan penjualan yang substansial. “Beberapa produk base make up kami juga diluncurkan secara eksklusif di Lazada dan selalu menghasilkan kinerja yang sangat baik,” ujarnya.
Ratna menambahkan, Hanasui bergabung di Lazada sejak 2019 dan saat ini memiliki lebih dari 190 produk yang ditujukan untuk memberikan rangkaian lengkap produk perawatan dan kecantikan untuk konsumen. “Selain itu, Lazada juga ahli dalam membaca momen dan kebutuhan konsumen pada waktu yang tepat," ujarnya.
Contohnya, tren perawatan kulit saat ini mengharuskan perlindungan kulit dari polusi. Hanasui pun berinovasi dengan menghadirkan tabir surya dengan kandungan Polustop di toko kami yang memberikan eksposur yang tepat sasaran dan efisien kepada konsumen.
Para jenama di Lazada pun akan mendapatkan kesempatan untuk memanjakan konsumen mereka di momen 9.9 Mega Brand Sale pada tanggal 9 - 13 September 2023 mendatang yang akan menghadirkan berbagai program dan promosi menarik, seperti bonus dadakan yang sudah dapat dikumpulkan dari tanggal 1 - 13 September 2023 dan dapat digunakan sebagai potongan harga langsung sebesar Rp 7 ribu, setiap pembelian Rp 60 ribu di 9 - 13 September 2023.
Selain itu, ada pula pengiriman yang cepat dan gratis ongkir. Di 9.9 Mega Brands Sale yang akan datang, konsumen juga bisa mendapatkan promo diskon hingga 50 persen, hadiah langsung, harga spesial untuk member LazBeauty dan beberapa exclusive launch dari jeanma seperti Jo Malone, Kate Spade dan Lancome.