Jurus Jitu Rayu Pelanggan Lewat Konten Hiburan
Layanan konektivitas internet saat ini, sudah tak sekadar memungkinkan konsumen terhubung ke dunia maya. Dalam perkembangannya saat ini, layanan internet kini telah menjelma menjadi penunjang gaya hidup masyarakat sehari-hari.
Di Indonesia, eksis di media sosial (medsos) menjadi salah satu kegiatan di dunia digital yang paling banyak dilakukan masyarakat. Laporan We Are Social menunjukkan, jumlah pengguna aktif media sosial, di Indonesia mencapai 167 juta orang pada Januari 2023.
Selain medsos, layanan internet kini juga menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, seperti menikmati musik, menonton streaming video on demand (VoD), hingga mencari berbagai konten yang inspiratif. Hal ini pula yang membuat IndiHome kini kian fokus menggarap segmen lifestyle, di tengah semakin ketatnya persaingan di industri fixed broadband saat ini.
Strategi ini jelas beralasan kuat. Menurut laporan App Annie (2022), peningkatan waktu menonton video streaming di Indonesia kini menjadi yang tertinggi dunia. Kenaikannya tercatat sebesar 93 persen pada 2021 dibandingkan dua tahun sebelumnya.
Durasi responden Indonesia menonton tayangan di layanan streaming video pun mencapai 41,4 jam per bulannya. Durasi ini, sudah lebih tinggi dari rata-rata di Asia Tenggara yang hanya 32 jam per bulan. Data yang senada juga disampaikan dalam laporan The Trade Desk dan Kantar.
Menurut laporan ini, satu dari tiga konsumen Indonesia yang disurvei telah berlangganan layanan streaming video pada 2021. Jika melihat kuantitasnya, maka ada 83 juta pengguna layanan streaming video di Indonesia. Jumlah itu mengalami kenaikan 25 persen dibandingkan pada tahun sebelumnya.
Harmonisasi Strategi
Sejak awal tahun ini, IndiHome telah mempersiapkan berbagai konten untuk makin memikat para pengguna layanan internet di Indonesia. Mulai dari, menghadirkan konten lokal yang menarik, informatif, permainan gim, hingga gelaran konser secara daring.
Salah satunya, pada awal April 2023, mini seri Teknisi Magang season II sudah bisa dinikmati pemirsa secara gratis di kanal Youtube IndiHome. Teknisi Magang merupakan konten video edukatif mengenai aktivitas keseharian para teknisi IndiHome dalam menjalankan tugasnya berbalut nuansa komedi.
Tentunya pada seri lanjutan ini, penonton akan disuguhkan cerita yang lebih seru, lucu, dan menghadirkan bintang tamu yang tidak kalah jenaka. “Teknisi Magang adalah program unggulan kami untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. Konten tersebut tidak hanya hiburan semata, tapi juga menceritakan problematika para teknisi IndiHome dalam menyelesaikan masalah layanan di masyarakat berdasarkan kejadian yang sebenarnya,” kata Vice President Marketing Management PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, E Kurniawan.
Dikisahkan, teknisi senior IndiHome Tretan Muslim dan Dustin Tiffany kerap memberi wejangan kepada rekannya Rigen Rakelna. Rigen akan mendapat tugas baru untuk membimbing seorang teknisi magang yang diperankan Indra Jegel.
Tretan pun berpesan agar Rigen bisa sabar mengayomi dan mengajarkan Indra dalam menjalankan tugas sebagai teknisi garda terdepan dalam layanan IndiHome. Terlebih lagi, sebagai junior Indra ternyata sangat usil dan mengabaikan senioritas dalam berhubungan dengan Rigen. Hal inilah yang menjadi tantangan Rigen dalam membimbing teknisi magang tersebut.
Nilai Edukasi
Selain Teknisi Magang, konten Si Unyil yang sarat dengan nilai-nilai pendidikan pun dihadirkan oleh IndiHome. Sebagai bentuk dukungan industri perfilman dan konten kreatif di dalam negeri, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berkolaborasi dengan Perum Produksi Film Negara (PFN) menghadirkan serial podcast Just On IndiHome (JOIN) bersama Si Unyil.
Si Unyil adalah salah satu mahakarya dari PFN yang diciptakan oleh Drs Suyadi yang melegenda dengan serial televisi anak-anak pertama yang dibuat. Serial ini disiarkan di stasiun TV TVRI pada 5 April 1981.
Kepopuleran serial Si Unyil yang menyentuh lintas generasi membuatnya menjadi intellectual property yang memiliki potensi besar bagi Perum PFN. Untuk memaksimalkan potensi tersebut Perum PFN mencoba untuk melakukan reaktivasi dari salah satu intellectual property yang dimiliki dengan cara bekerjasama dalam podcast bersama Si Unyil.
Kerjasama ini merupakan bentuk kepedulian IndiHome dengan perfilman Tanah Air yang selalu meningkatkan pengalaman menonton bagi pelanggan. Termasuk juga, menyajikan tayangan terbaik yang senantiasa ditunggu oleh pelanggan IndiHome.
Sesuai dengan salah satu konsep IndiHome dalam mewujudkan window of entertainment bagi para pelanggan. “Melalui kolaborasi ini, IndiHome senantiasa terus bersama menumbuhkan semangat maju terus bersama perfilman dan konten nasional,” jelas Kurniawan.
Program podcast JOIN X Si Unyil ini dapat dinikmati setiap minggu di Youtube official IndiHome dan nantikan juga bintang tamu seperti Komeng, Adul, Bedu, Widi AB Three dan Nopek Novian, setiap Ahad, mulai 12 Maret 2023.