Digicafe

Piala Dunia dalam Pantauan Big Data

Unsplash/Rhett Lewis
Unsplash/Rhett Lewis

Piala Dunia 2022 baru saja usai dan salah satu media sosial yang paling ramai memberitakan berjalannya kompetisi terbesar di dunia ini adalah Twitter. Dilansir dari blog resmi Twitter, terdapat lebih dari 147 miliar tayangan (impression) dari berbagai cuitan tentang Piala Dunia 2022.

Jumlah ini, melampaui tayangan cuitan tentang Piala Dunia 2018 dan lebih dari dua kali lipat dari jumlah tayangan cuitan tentang Olimpiade 2020 lalu.
Sekelompok tim di Pacmann yang merupakan penyedia layanan pembelajaran di bidang data dan bisnis, ikut meramaikan momentum kompetisi empat tahun sekali ini. Mereka melakukan analisis menggunakan machine learning model, yaitu Named-Entity Recognition dan Emotion Analysis.
Pacmann kemudian menganalisis sekitar 280 ribu cuitan berbahasa Indonesia di Twitter dari 19 November hingga 19 Desember 2022 dengan kata kunci “piala dunia” dan “pildun”. Analisis pertama menerapkan Named-Entity Recognition untuk mendeteksi popularitas pemain dan tim yang berlaga di Piala Dunia 2022.
Named-Entity Recognition adalah salah satu cabang dari Natural Language Processing (NLP) yang digunakan untuk mengekstraksi informasi seperti nama, organisasi, lokasi, waktu, dsb. dari kumpulan dataset tak terstruktur seperti cuitan. Berdasarkan hasil analisis memakai model ini, terungkap Lionel Messi adalah pemain terpopuler selama ajang Piala Dunia 2022 dengan perolehan cuitan dua kali lipat lebih banyak dibandingkan pemain terpopuler kedua Cristiano Ronaldo.

Dok Pacmann
Dok Pacmann


Posisi pemain paling populer selanjutnya ditempati oleh Kylian Mbappé dan Neymar Júnior. Menariknya, Karim Benzema juga jadi pemain paling populer kelima walau tidak sekalipun bermain di ajang kompetisi ini.
“Hasil analisis ini bisa jadi informasi tambahan untuk kita semua dalam perdebatan pemain terbaik sepanjang sejarah sepak bola, meskipun saya yakin tidak semua orang setuju. Satu hal yang pasti, Messi dan Ronaldo memang jadi pemain sepak bola paling populer dekade ini,” ujar Adityo Sanjaya, CEO sekaligus Chief Data Scientist di Pacmann dan Valiance.
Kemudian, berdasarkan hasil analisis dengan model yang sama, Pacmann mendapati bahwa tim terpopuler selama ajang Piala Dunia 2022 adalah Argentina. Sementara tim paling populer kedua dan ketiga adalah Portugal dan Kroasia.
Hal menarik lain dari Piala Dunia tahun ini adalah Maroko, salah satu tim kuda hitam yang menduduki posisi tim terpopuler keempat atas prestasi mereka yang bisa mencapai babak semifinal. “Ini menarik. Brasil yang digadang-gadang punya kemungkinan terbesar untuk jadi juara, bisa kalah populer dengan Maroko. Juga, dari model matematika yang populer bulan lalu tentang prediksi Piala Dunia, memang tiga tim yang paling besar kemungkinannya jadi juara itu antara Brasil, Argentina, atau Perancis,” ujar Cahya Amalinadhi Putra, pengajar sekaligus Data Scientist di Pacmann dan Valiance.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict