Digicafe

Menavigasi Tantangan Bisnis di 2023

Unsplash/Priscilla Du Preez
Unsplash/Priscilla Du Preez

Dalam menjalankan bisnis, adanya berbagai tantangan adalah hal yang lumrah. Tantangan bisa saja datang akibat terjadinya perubahan di lingkungan, masyarakat, bahkan perkembangan teknologi. Karena itu para pelaku bisnis dituntut untuk selalu berkembang mengikuti setiap perubahan yang terjadi.

Pandemi Covid-19 yang terjadi di awal 2020 menjadi salah satu tantangan terberat bagi dunia bisnis. Nyatanya setelah tiga tahun terlalu, bisnis yang sempat terpuruk di awal pandemi, saat ini telah kembali pada pertumbuhan yang positif.

Salah satu indikatornya adalah pertumbuhan ekonomi dalam negeri yang telah berada di level di atas lima persen, sama seperti sebelum terjadi pandemi. Dengan kondisi ekonomi yang telah membaik, tahun depan seharusnya menjadi tahun yang penuh dengan optimisme untuk memulai bisnis dengan tanpa beban.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sayangnya menjelang tahun baru, tantangan baru akan menghadang berupa ancaman resesi global. Beberapa penyebabnya adalah gejolak ekonomi pascapandemi dan situasi politik di beberapa negara, perkembangan teknologi yang semakin maju, inflasi akibat kenaikan komoditas seperti energi dan bahan baku, hingga kenaikan suku bunga sebagai respon terjadinya inflasi.

Berbagai perkembangan situasi ini memengaruhi bisnis di tanah air menjadi perhatian Infobrand.id sebagai media brand dan bisnis. Untuk turut berkontribusi dalam upaya mendukung perkembangan bisnis di Indonesia, Infobrand.id menghadirkan Infobrand Forum 2023.

Dok Infobrand
Dok Infobrand

Kegiatan ini merupakan ajang tahunan yang membahas secara komprehensif perkembangan ekonomi, brand dan bisnis sepanjang 2022 dan proyeksi 2023 mendatang. Dengan menghadirkan tema "Strategy To Grow During The Threat of Recession”, ajang ini menyajikan tema-tema paling update terkait perkembangan brand dan bisnis serta ekonomi. “Infobrand Forum merupakan ajang atau saluran sharing experience, sharing knowledge dan networking dengan sesama pengelola brand, serta update informasi terkait brand yang mencakup branding, marketing, promosi, dan digital activity,” ujar CEO Infobrand, Susilowati Ningsih.

Menurutnya, ajang yang akan digelar pada 18 Januari 2023 di Hotel Sultan ini bertujuan mendukung pertumbuhan jenama dan bisnis di Indonesia. Oleh karenanya, Infobrand Forum menghadirkan berbagai narasumber para ahli dari berbagai kalangan mulai dari akademisi dan praktisi.

Beberapa di antaranya, Professor Distinguished Chair for Finance & Investment IPMI International School of Business Roy Sembel yang akan membawakan topik ”Critical Thinking in Economic Crisis” dan Bima Laga selaku ketua umum iDEA yang akan membawakan topik “How to Increase Transactions in the Marketplace?”.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict