Perburuan Menemukan 'Elon Musk' dari Indonesia

Digitalnote  
Freepik/Pikisuperstar
Freepik/Pikisuperstar

Untuk mendukung pengembangan ekonomi digital, dibutuhkan strategi untuk menyiapkan talenta digital. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Bank Dunia dan McKinsey, selama kurun waktu 2015-2030, di Indonesia dibutuhkan setidaknya sembilan juta talenta digital, atau sekitar 600 ribu orang setiap tahun.

Untuk itu, pertumbuhan ekonomi digital yang pesat ini harus diimbangi dengan ketersediaan talenta digital yang kompeten. Pada Jumat (2/12/2022), Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNEXT, program tanggung jawab sosial perusahaan yang membuka peluang lebih luas bagi seluruh pemuda Indonesia untuk meningkatkan kompetensi, keterampilan, dan kapabilitas digital mereka agar dapat menjadi talenta digital yang berkualitas.

Selama tujuh tahun terakhir, IndonesiaNEXT secara konsisten berfokus pada pengembangan digital skills dengan menunjang perolehan sertifikasi keahlian bagi mahasiswa. Baik sertifikasi internasional User Interface & User Experience (UI/UX), Google Search Engine Optimization (SEO), Adobe Illustrator & Photoshop, Microsoft Powerpoint & Excel, maupun sertifikasi nasional Digital Marketing dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki H Bramono menyampaikan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi digital yang paling pesat di kawasan Asia Tenggara. Bahkan, ekonomi digital Tanah Air diprediksi bernilai 133 miliar dolar Amerika Serikat (AS) pada 2025.

"IndonesiaNEXT menjadi perwujudan komitmen Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler untuk terus berkontribusi membuka peluang meningkatkan kompetensi, keterampilan, dan kapabilitas mahasiswa Indonesia agar dapat menjadi talenta digital yang berkualitas," ujarnya.

Dok Telkomsel
Dok Telkomsel

Pada penyelenggaraan IndonesiaNEXT Season 7, peserta dari seluruh wilayah Indonesia akan mengikuti setiap proses secara daring dengan pola merdeka belajar mandiri dan kreatif dengan metode blended learning (Synchronous dan Asynchronous). Beberapa tahapan program terdiri dari National Webinar, Hard Skill, Area Bootcamp, National Bootcamp, dan Crowning Session.

Pada program ini, peserta berkesempatan mendapatkan sertifikasi tingkat internasional dari User Interface & User Experience (UI/UX), Google Search Engine Optimization (SEO), Adobe Illustrator & Photoshop, Microsoft Powerpoint & Excel, serta sertifikasi nasional Digital Marketing dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), yang akan dapat menjadi modal dalam meningkatkan value sekaligus mempersiapkan keahlian profesi mereka di industri digital.

Sejak penyelenggaraan pertamanya pada 2016, IndonesiaNEXT telah menjangkau lebih dari 73 ribu peserta yang berasal dari 2.900 universitas di seluruh Indonesia. Melalui serangkaian pelatihan dan sertifikasi keahlian di IndonesiaNEXT, seluruh mahasiswa dari segala jurusan di Indonesia.

Mulai dari, jenjang studi Diploma hingga S2, berkesempatan untuk menjadi talenta digital masa depan Indonesia. IndonesiaNEXT Season 7 masih membuka pendaftaran hingga 18 Desember 2022. Calon peserta dapat melakukan pendaftaran dengan mengisi data diri dengan lengkap dan memasukkan nomor Telkomsel-nya di laman pendaftaran indonesianext.co.id.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Lebih Cerdas Manfaatkan Fasilitas Paylater

Mengisi Kepulihan Wisata dengan Perluas Portfolio

Pandemi dan Akses Pendanaan yang Kian Tumbuh

Mengulik Profesi Data Scientist

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image