Kenapa Ketika Beli Smartphone, Kita Harus Pastikan IMEI-nya Legal?

Digicafe  
Unsplash/Marianne Krohn
Unsplash/Marianne Krohn

Aturan pengendalian International Mobile Equipment Identity (IMEI) sudah ditetapkan Pemerintah sejak 18 April 2020. Penetapan aturan tersebut bertujuan menekan penggunaan ponsel ilegal di Indonesia yang berpotensi menimbulkan kerugian bagi negara dan masyarakat.


Kemudian Pemerintah memberlakukan kebijakan pengendalian IMEI mulai 15 September 2020. IMEI adalah kombinasi 15 – 17 digit angka yang berfungsi sebagai identitas ponsel.


Seluruh ponsel yang ada di dunia memiliki IMEI yang berbeda. IMEI juga penting untuk mengetahui negara dan jaringan asal perangkat, garansi, informasi operator, dan detail lainnya. IMEI juga digunakan sebagai syarat mutlak aktivasi jaringan GSM (Global System for Mobile Communication).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca


Kalau ponsel tidak memiliki IMEI yang terdaftar, dengan adanya kebijakan pengendalian IMEI maka gawai akan terblokir otomatis. Konsumen pun akan langsung tidak bisa menikmati fasilitas jaringan seluler.


Tujuan diterapkannya Pengendalian IMEI adalah untuk menekan penggunaan ponsel ilegal di Indonesia yang menimbulkan kerugian bagi negara dan masyarakat. Dengan diberlakukannya Pengendalian IMEI, maka berpotensi meningkatkan pendapatan negara kurang lebih sebesar Rp 2,8 triliun per tahun dari peredaran ponsel ilegal.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Lebih Cerdas Manfaatkan Fasilitas Paylater

Mengisi Kepulihan Wisata dengan Perluas Portfolio

Pandemi dan Akses Pendanaan yang Kian Tumbuh

Mengulik Profesi Data Scientist

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image