Amati Tren Pemasaran Digital Tahun Depan demi Terus Tingkatkan Cuan
Hadirnya revolusi industri 4.0 telah membuat inovasi teknologi sebagai upaya wajib atas persoalan yang terjadi. Tak hanya itu, inovasi juga menjadi kunci untuk menemukan sesuatu yang baru untuk menjadi pionir di kategorinya.
Dalam bisnis, inovasi juga memberikan peluang yang dapat dieksplorasi guna menghadirkan produk baru yang dibutuhkan masyarakat. Sehingga produk yang unggul untuk bersaing dengan merek lain dalam kategori produk yang sama.
Di dunia pemasaran, digital marketing kini memainkan peranan yang krusial. Baik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan sebuah jenama tertentu, atau meningkatkan penjualan.
Sepanjang tahun ini, kehadiran platform Tiktok banyak mengubah lansekap digital marketing secara umum. Dengan mempromosikan produk dalam bentuk konten video singkat, banyak jenama atau produk yang mendapat perhatian besar dari aspek keviralan dibdalam platform.
Tri Raharjo, selaku CEO Tras N Co menjelaskan, industri pemasaran digital ke depan akan terus mengalami pertumbuhan. "Saat ini, semakin banyak brand dan masyarakat yang memahami pentingnya menjalankan strategi pemasaran yg multiplatform," ujarnya dalam Top Innovation Choice Award 2022, Kamis (27/10/2022).
Menurutnya, nagi para jenama di Tanah Air hadir di dua atau tiga platform digital saat ini, tak hanya bertransaksi, tapi juga untuk melayani konsumen. "Ke depan tren ini pasti bertumbuh, terutama berjualan di Tiktok yang akan menjadi tempat berkumpulnya pasar potensial," ujar Tri.
Selain itu, tren berjualan melalui live streaming juga akan tetap menjadi salah satu bentuk promosi yang jitu. Karena, Tri mengungkapkan, tak hanya potensial untuk menjual barang, tapi live streaming juga merupakan media yang tepat u tuk membuka komunikasi dan mengedukasi pasar terhadap suatu produk tertentu.
Dorong inovasi
Untuk mengapresiasi para jenama sukses melakukan inovasi sepanjang tahun ini, CEO Infobrand.Id, Susilowati Ningsih menyampaikan, Infobrand bekerjasama dengan Tras N Co, perusahaan consulting yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia, menghadirkan Top Innovation Choice Award 2022.
Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan dan brand yang berhasil menciptakan inovasi terhadap produk atau layanannya. "Kami berharap ajang ini bisa menjadi motivasi bagi para pelaku brand untuk terus berinovasi menghadirkan produk yang inovatif yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia," ungkap Susilowati.
Senada, Tri juga menambahkan, ajang penghargaan ini juga sebagai upaya mendukung lahirnya berbagai inovasi di Indonesia. Ia menjelaskan, ajang ini digelar berdasarkan riset Top Innovation Choice Index 2022 terhadap lebih dari 300 inovasi produk atau layanan yang diciptakan perusahaan atau jenama dalam satu tahun terakhir.
"Beberapa inovasi yang kami temukan, hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang terus berubah. Biak dalam mengikuti perkembangan teknologi, hingga hadir untuk menjawab perubahan lingkungan," ujar Tri.
Beberapa inovasi yang berhasil menyabet penghargaan Top Innovation Choice Award 2022, antara lain; Polytron dengan inovasi Polytron Mini LED Quantum 85 inch. TV ini memiliki teknologi Mini LED yang memungkinkan layar televisi menampilkan gambar dengan jelas, tajam, dan warna hitam yang lebih pekat. Kemudian, Sunguard All In One yang merupakan inovasi produk cat yang dilengkapi dengan UV Shield Pro.
Cat ini mampu memantulkan sinar infra merah matahari hingga 90 persen, sehingga membantu menurunkan suhu di dalam rumah hingga lima derajat Celcius. Di sektor edutech, ada The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) dengan inovasi TICMIEDU. TICMIEDU adalah platform pendidikan dan pelatihan profesi pasar modal untuk kebutuhan belajar individual maupun korporat.
Sementara di industri teknologi perlengkapan rumah tangga, ada Aqua Japan dengan inovasi AC berteknologi UVC Sterilization mampu menghilangkan virus berbahaya di udara. Sehingga udara bersih dan aman untuk bernapas.
Midea juga berinovasi dengan AC inverter yang memiliki fitur S-Wing Side Air-Outlet yang menyebarkan pendinginan dari tiga sisi, depan, kiri, dan kanan. Sehingga dapat menurunkan suhu ruangan dalam waktu 40 detik.
Sementara peraih Penghargaan Pertama Di Indonesia adalah Taf Flexi yang menghadirkan fitur digital flexible financing pertama di Indonesia, Semen Merah Putih Watershield, produk semen dengan teknologi water repellent, CIMB Niaga Syariah yang melakukan transaksi komoditas murabahah di bursa komoditas syariah, dan Metanesia sebagai ekosistem metaverse pertama di Indonesia.