Digicafe

Begini Strategi Agar Dagangan Viral di Marketplace

Unsplash/Bruno Kelzer
Unsplash/Bruno Kelzer

Tumbuhnya bermacam marketplace atau lokapasar menjadi peluang baru untuk menjual produk bagi pelaku usaha. Dibutuhkan strategi jitu agar produk menjadi viral dan laku di pasaran, apalagi terdapat ribuan pedagang yang berjualan di sana.

Penguasaan kecakapan digital pun dibutuhkan untuk mendukung pemasaran digital di marketplace tersebut. Pada webinar bertema “Viralkan Produk Usahamu! Strategi Meningkatkan Penjualan di Marketplace” yang berlangsung Senin (24/10) di Makassar, Sulawesi Selatan, relawan TIK Kalimantan Timur, Ratna Sari menjelaskan, langkah-langkah dasar untuk berpromosi di lokapasar.

Ia menyarankan, untuk produk baru sebaiknya disertai pemberian diskon atau potongan harga. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan fitur iklan di marketplace dan diintegrasikan dengan media sosial toko.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Untuk promosi di Facebook dan Instagram, menurut Ratna, sebaiknya dibiasakan mencantumkan harga yang ditujukan meningkatkan kepercayaan pembeli. “Ingin tahu sederet promo yang disukai pembeli di marketplace? Berdasarkan survei, hal yang paling disukai adalah fasilitas bebas ongkos kirim. Berikutnya adalah diskon, cashback, flash sale, promo eksklusif merek tertentu, tebus murah, dan terakhir adalah lucky draw,” ujarnya.

Ratna melanjutkan, tips lain untuk membuat promo yang efektif di marketplace adalah harus menentukan tujuan yang jelas dan memahami keinginan audiens. Biasakan melakukan riset terlebih dulu sebelum membuat konten.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict