Lebih Bijak Konsumsi Garam

Digicafe  
Unsplash/Jason Tuinstra
Unsplash/Jason Tuinstra

Berdasarkan data dari Global Burden of Disease (2019), faktor resiko yang menyebabkan kematian paling tinggi di Indonesia adalah penyakit degeneratif hipertensi, diikuti dengan obesitas. Serinng disebut sebagai silent killer, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menyatakan, prevalensi hipertensi berdasarkan hasil pengukuran pada penduduk usia di atas 18 tahun di Indonesia, adalah 34,1 persen.

Jumlah ini, tertinggi di Kalimantan Selatan, sedangkan terendah di Papua sebesar. Estimasi jumlah kasus hipertensi di Indonesia pada 2018, adalah sebesar 63.309.620 orang. Sedangkan angka kematian di Indonesia akibat hipertensi sebesar 427.218 kematian.

Ada banyak akibat yang merugikan kesehatan, apabila kita mengonsumsi garam secara berlebihan. Salah satunya, sodium yang dikandung garam membantu keseimbangan cairan dalam tubuh.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jika asupan garam terlalu tinggi, tubuh memerlukan lebih banyak cairan untuk membersihkan jaringan dalam tubuh agar otot dan organ-organ lain bisa berfungsi baik. Jika orang tidak minum cukup air, tubuh akan menarik cairan dari sel-sel dan ini akan menyebabkan dehidrasi.

Selain itu, garam berlebih juga membuat pembengkakan bagian tubuh. Karena, terlalu banyaknya garam akan menyebabkan tubuh menahan lebih banyak air untuk menjaga keseimbangan, akibatnya bagian tubuh tertentu membengkak.

Saat ini, PT Ajinomoto Indonesia (Ajinomoto) melalui brand Masako menciptakan inovasi dalam produk bumbu kaldu Masako varian terbaru. “Sebagai bentuk komitmen bagi kesehatan masyarakat, kami menciptakan varian Masako Rasa Gurih Pas, pelengkap varian bumbu masak sehat keluarga, yang lebih rendah garam,” ujar Eurli Prameswari selaku head of sauce & seasoning business department PT Ajinomoto Indonesia.

Dok Dapur Umami
Dok Dapur Umami

Senada, Head of Public Relations Department PT Ajinomoto Indonesia Grant Senjaya menyampaikan, kampanye Bijak Garam memang sejalan dengan anjuran Kementerian Kesehatan RI terkait pengurangan asupan gula, garam, dan lemak (GGL) dalam konsumsi sehari-hari. “Melalui kampanye Bijak Garam kami ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya diet rendah garam, namun tetap bisa memperoleh cita rasa yang tinggi," ujarnya

Saat ini, brand Masako dari Ajinomoto juga memiliki banyak sekali menu aplikasi Bijak Garam. Beragam menu ini dapat diakses melalui laman resmi Dapur Umami.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image