Geliat Perusahaan yang Sukses di Masa Pandemi

Digitalnote  
Stockvault/Jack Moreh
Stockvault/Jack Moreh

Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun lebih telah memberikan tantangan tersendiri bagi perusahaan di Indonesia. Salah satu tantangan terberat adalah bagaimana perusahaan menjaga kinerja keuangan agar tetap positif dan bertumbuh di tengah situasi sulit.

Kinerja keuangan, sangat penting bagi perusahaan. Terutama perusahaan terbuka atau emiten, yang sebagian modalnya berasal dari investor. Dengan kinerja positif, tidak hanya menjaga perusahaan alan tetap bertumbuh, tapi juga menjadi daya tarik bagi investor agar tetap menanamkan modalnya.

Untuk menjadi perusahaan yang berkembang, mendaftarkan perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI) kerap menjadi pilihan sejumlah perusahaan. Karena dengan menjadi emiten, perusahaan akan mendapatkan banyak pasokan dana yang dibutuhkan dalam melakukan berbagai ekspansi bisnis.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sepanjang 2021 tercatat, ada 54 emiten baru. Jumlah emiten baru tersebut lebih banyak dibanding 2020 dengan 51 emiten baru. Memasuki 2022, hingga Juli, telah ada 29 emiten baru.

Sehingga saat ini ada 793 emiten yang terdaftar di pasar saham Indonesia. CEO Tras N Co Indonesia Tri Raharjo mengungkapkan, dari perusahaan emiten yang mempublikasikan kinerja keuangan mereka di 2020, ada 62,4 persen perusahaan yang melaporkan keuntungan atau laba.

Sedangkan di 2021, terjadi peningkatan jumlah perusahaan yang menyatakan laba sebesar 81,59 persen atau naik sebesar 19,19 persen jika dibandingkan dengan laporan keuangan di 2020.

Dok Tras.co
Dok Tras.co

“Ini artinya perusahaan dengan laporan kinerja keuangan yang merugi pun mengalami penurunan,” jelas Tri Raharjo.
Senada, Susilowati Ningsih selaku CEO Infobrand.id menambahkan, kinerja positif emiten di Indonesia tidak lepas dari semakin terkendalinya pandemi Covid-19. Pemulihan ekonomi yang terjadi di berbagai sektor utama, seperti industri pengolahan, komunikasi, perdagangan, konstruksi, transportasi, dan pergudangan.
Berbagai industri ini, telah mencerminkan aktivitas ekonomi yang sudah mulai bangkit kembali. Menurutnya, tren positif ekonomi Indonesia ini tentunya tidak lepas dari peran perusahaan-perusahaan yang berhasil membangun corporate brand serta kinerja keuangan yang baik, meski dalam situasi sulit akibat pandemi.
Oleh karena itu, lanjut Susi, untuk mengapresiasi emiten yang berhasil membangun corporate brand dan menjaga kinerja keuangan, Infobrand.id bekerjasama dengan Tras n Co Indonesia menghadirkan Top Corporate Award 2022. Penghargaan ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan emiten di Indonesia yang berhasil membangun corporate brand, dan menjaga kinerja keuangan yang unggul dan positif.
“Secara khusus, penghargaan ini juga merupakan apresiasi dan pengakuan terhadap perusahaan emiten di Indonesia yang telah terbukti berhasil melewati situasi sulit selama pandemi. Hal ini, dibuktikan dengan kinerja baik dari sisi corporate brand awareness, pendapatan dan laba bersih selama periode tahun 2021,” ujar Susi.
Adapun perusahaan perusahaan peraih Top Corporate Award 2022 antara lain, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Prodia Widyahusada Tbk, PT Indosat Tbk, PT Bank Mayapada Internasional Tbk, dan PT Astra International Tbk.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Geliat Wisata Kian Meriah

Cara Tepat Penanganan Luka

Bangkitkan Wisata Lewat Desa Digital

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image