Istilah Teknologi Hari Ini: Predictive Marketing

Digitalnote  
Stockvault/Mohammed Hassan
Stockvault/Mohammed Hassan

Predictive marketing adalah bagian dari dinamika perkembangan digital markerting. Konsep ini, melibatkan data perilaku audiens, histori penelitian konsumen, riwayat pembelian, analisis situs web, dan area lain untuk memperkirakan hasil taktik pemasaran.

Meskipun predictive marketing terdengar baru, namun menggunakan data untuk memperkirakan hasil, sebenarnya sudah dimulai sejak 1930-an dengan sebutan predictive analysis. Konsep ini memungkinkan marketers menghitung dan menganalisis peluang keberhasilan, kegagalan, dan hasil dalam berbagai skenario, seperti kesehatan atau cuaca.

Predictive marketing diawali dengan konsumen yang menyelesaikan tindakan awal, seperti menambahkan produk ke keranjang, atau melakukan pembelian. Data ini kemudian dikirim melalui sistem pelacakan pengiklan ke predictive marketing dan modelnya belajar berdasarkan perilaku audiens.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Predictive Marketing kemudian menggunakan data ini untuk menganalisis perilaku pengguna baru dalam 24-72 jam pertama dan memprediksi metrik yang diminta oleh pengiklan. Prakiraan dikirim kembali ke pelacak dan pengiklan dapat menggunakannya di platform iklan.

Algoritma ini memungkinkan untuk menarik hanya pengguna yang nilai metrik prediktifnya memenuhi tujuan bisnis.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image