Strategi Perusahaan Demi Berdampak Pascapandemi
Digicafe
Aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) tak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat atau lingkungan, namun juga merupakan bentuk timbal balik yang dibutuhkan oleh perusahaan itu sendiri. Di mana dengan memberikan dampak positif kepada masyarakat, lingkungan, dan pemangku kepentingan, akan tercipta sustainability atau keberlanjutan perusahaan dalam jangka panjang.
Susilowati Ningsih selaku CEO Infobrand.id memaparkan, setiap tahunnya Infobrand.id dan Tras N Co Indonesia mengamati banyak perusahaan baik skala besar hingga kecil yang turut andil dalam melakukan kegiatan CSR. Hal ini dilakukan dengan harapan dapat memberikan dampak keberlanjutan bagi perusahaan.
Menurutnya, aksi korporasi tersebut akan membawa pengaruh positif bagi reputasi dan penilaian masyarakat dan pemangku kepentingan, terhadap perusahaan secara umum. “Persepsi masyarakat terhadap kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan atau brand tentunya akan membangun ikatan yang lebih kuat antara perusahaan, pelanggan, dan masyarakat,” ujar Susilowati.
Lebih lanjut, ia mengatakan, sebagai bentuk apresiasi terhadap kegiatan CSR perusahaan, Infobrand.id bekerjasama dengan Tras N Co Indonesia menyelenggarakan Top Corporate Social Responsibility of The Year 2022 yang dihadirkan sebagai apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang berhasil menerapkan program CSR di Indonesia. “Penghargaan yang diterima perusahaan juga diharapkan dapat mendorong citra positif dan reputasi perusahaan. Sekaligus mendorong perusahaan di Indonesia untuk terus berkomitmen dalam menjalankan aktivitas CSR,” ungkap Susilowati.

Tri Raharjo selaku CEO Tras N Co Indonesia mengungkapkan, Top Corporate Social Responsibility of The Year 2022 ditentukan berdasarkan penilaian Top CSR Index yang dilakukan pada Maret – Mei 2022. Penilaian dilakukan terhadap lebih dari 300 perusahaan di Indonesia. Data untuk penilaian berdasarkan kegiatan CSR sepanjang satu tahun terakhir melalui laporan keberlanjutan perusahaan 2021 yang telah terpublikasi. Termasuk, data kegiatan CSR di berbagai media daring dan laman resmi perusahaan yang mengacu pada tiga parameter penilaian yakni, CSR Concept, CSR Impact, dan CSR Donation Value.
Menurut Tri, ada temuan menarik dari penyelenggaraan dua tahun terakhir, dimana pada 2021 lalu, dari total 100 perusahaan pemenang Top Corporate Social Responsibility of The Year 2021, ada enam fokus kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan. Yaitu, bantuan kesehatan, bantuan sosial masyarakat, bantuan lingkungan, dan bantuan bencana alam. Namun pada penyelenggaraan tahun ini, terjadi perubahan yang cukup signifikan.
Dimana perusahaan lebih fokus terhadap bantuan sosial masyarakat yang disusul bantuan kesehatan dan bantuan pendidikan. “Dari data tersebut, mengindikasikan ketika kasus Covid-19 mulai melandai, dan pemerintah mulai mengendurkan kebijakan PPKM, perusahaan lebih menyalurkan dana CSR-nya untuk kegiatan sosial kemasyarakatan, baru kemudian untuk bidang lainnya,” jelas Tri.
Sementara untuk para peraih Top Corporate Social Responsibility of The Year 2022 dari 100 pemenang di antaranya; PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Kalla Group, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, PT Signify Commercial Indonesia, PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), PT PP (Persero) Tbk, PT Avia Avia Tbk, dan PT Semen Gresik.
