Trik-trik Mencegah Smartphone Lemot

Techack  
Pixabay/Pexels
Pixabay/Pexels

Saat ini, berbagai aktivitas sehari-hari banyak dilakukan lewat smartphone. Mulai dari update informasi, berbelanja, sampai menaikkan personal branding.

Dengan banyaknya aplikasi yang kini kita gunakan, terkadang smartphone perlahan terasa lebih lemot. Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga performa smartphone kita agar tetap sat-set.

1. Lakukan restart secara berkala

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tiap harinya, kita bisa menggunakan smartphone berjam-jam. Ada kalanya smartphone yang dipakai terus menerus jadi overheat, yang bikin smartphone jadi lemot dan koneksi internetnya pun jadi lemah.

Maka dari itu, me-restart smartphone secara berkala jadi penting dilakukan supaya kinerja smartphone terjaga dalam jangka panjang. Koneksi internet di smartphone juga bisa melambat disebabkan juga oleh hal-hal yang tidak kamu ketahui.

Di saat-saat seperti itu, restart smartphone juga dapat menjadi solusi karena sistem bisa kembali bekerja dalam kondisi “bersih” dan kembali pulih dengan fungsi yang normal seperti sediakala. Selain restart saat terjadi kendala, kita juga bisa mematikan smartphone saat sedang dicas agar sistem benar-benar istirahat, sekaligus menghindari perangkat menjadi panas akibat dicas sambil digunakan.

2. Tutup, nonaktifkan, atau hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan

Semakin sering kita pakai smartphone untuk buka berbagai aplikasi, maka smartphone bisa mengalami hang dan bikin internetnya juga ikut lemot. Selain me-restart smartphone secara berkala untuk menjaga agar selalu responsif, kita juga bisa meningkatkan kenyamanan berinternet pakai smartphone dengan memerhatikan kebiasaan dalam menggunakan aplikasi.

Pixabay
Pixabay

Misalnya, sering kali kita hanya menekan tombol back atau home setelah menggunakan aplikasi. Hal tersebut ada baiknya dihindari karena aplikasi tersebut sejatinya tidak sepenuhnya tertutup dan masih berjalan "secara diam-diam", sehingga tetap memakan RAM, bahkan ikut mengonsumsi kuota data yang bikin koneksi internet jadi lebih lambat.

Kebiasaan lain yang perlu dihindari adalah mengunduh dan menyimpan banyak aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan yang pada akhirnya memakan terlalu banyak memori.

3. Maksimalkan jaringan 4G

Layanan 4G merupakan jaringan mobile yang paling terjangkau saat ini. Apalagi, migrasi 3G ke 4G makin gencar dilakukan operator guna mendukung pengguna menikmati internet yang lebih cepat untuk browsing, chatting, video call, streaming, hingga download konten yang lebih lancar.

Untuk memaksimalkan jaringan 4G, kamu bisa memilih operator mana yang memiliki jaringan terbaik di wilayah kamu untuk mendapatkan internet yang lebih lancar.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Geliat Wisata Kian Meriah

Cara Tepat Penanganan Luka

Bangkitkan Wisata Lewat Desa Digital

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image