Platform Edutech Membuka Peluang Belajar Kian Luas

Digitalnote  
Unsplash/Andrew Ibrahim
Unsplash/Andrew Ibrahim

Perubahan metode belajar menjadi daring di masa awal pandemi Covid-19 cukup menyulitkan banyak pihak. Namun seiring dengan berjalannya waktu, cara belajar ini, semakin banyak diadaptasi dan dinikmati berbagai kalangan.

Berdasarkan report digital April 2022 dari Hootsuite dan We Are Social, 80 persen, di antara masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk mencari informasi. Nyaris separuh di antaranya, atau sekitar 44 persen, menggunakan internet untuk kebutuhan pembelajaran.

Belajar daring juga tidak hanya bagi pelajar dan mahasiswa, namun juga tersedia bagi berbagai kalangan yang ingin mempelajari suatu topik atau bidang untuk kebutuhan pekerjaan atau menambah skill. Sekitar 40 persen dari 500 perusahaan top dunia pun memakai metode e-learning dalam program training mereka.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Platform teknologi edukasi, Quipper percaya, semua anak berhak mendapatkan akses ke pendidikan setinggi-tingginya. Berdasarkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi 2021 yang dirilis BPS, hanya sebesar 31 persen siswa sekolah menengah yang melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan rata-rata negara-negara maju yang menjadi target Indonesia pada 2045, angkanya sudah mencapai 62 persen, menurut data Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (Organisation for Economic Co-operation and Development atau OECD).

Salah satu kunci utama untuk mencapai target tersebut adalah dengan mencetak SDM berkualitas unggul melalui pendidikan tinggi. Oleh karena itu, Quipper berkomitmen mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan akses pendidikan anak-anak Indonesia.

Salah satu wujud komitmen tersebut adalah dengan digelarnya Quipper Scholarship Awards (QSA) secara konsisten sejak 2020. Di tahun ketiga penyelenggaraan program yang diumumkan pada 17 Juni 2022 lalu, Quipper melalui QSA 2022, berhasil menyalurkan beasiswa kepada 1.570 siswa kelas 12 atau lulusan SMA/sederajat berusia maksimal 20 tahun.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Geliat Wisata Kian Meriah

Cara Tepat Penanganan Luka

Bangkitkan Wisata Lewat Desa Digital

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image