Mengulik Beragam Manfaat Membayar dengan QRIS

Digitalnote  
Dok Shopee
Dok Shopee

Saat ini, membawa smartphone ketika bepergian, lebih penting ketimbang membawa dompet. Selain menjadi alat komunikasi, smartphone juga sudah menjadi alat pembayaran yang kian memudahkan beragam transaksi.

Membaca pergerakan tren yang terjadi, pada 2019, Bank Indonesia meluncurkan Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS untuk terus mengakselerasi para pebisnis dan juga masyarakat Indonesia, menyongsong ekonomi digital. Kehadiran QRIS pun semakin mempermudah transaksi pembeli dan penjual, di mana satu QRIS bisa di-scan oleh berbagai dompet digital seperti ShopeePay.

QRIS pun menawarkan berbagai kemudahan untuk menunjang gaya hidup digital, di antaranya:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Kemudahan bukan hanya bagi konsumen, tapi juga pelaku usaha

Dari sisi pembeli, penggunaan QRIS membuat proses transaksi lebih efisien dan cepat. Selain itu, pembeli juga dapat menggunakan berbagai aplikasi pembayaran yang mendukung QRIS sehingga tidak perlu lagi membawa uang tunai.

Cukup berbekal smartphone, kita dapat berbelanja di semua merchant yang mendukung sistem QRIS dengan scan QR Code. Di sisi lain, pelaku usaha juga dapat dengan mudah memantau riwayat transaksi, serta mencegah peredaran uang palsu.

2. Tak hanya untuk belanja

Sejatinya, QRIS tak hanya dapat digunakan untuk berbelanja, membayar makanan di restoran, atau membayar kopi di kedai kopi favorit. Namun, QRIS juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas lainnya di berbagai merchant pendukung, seperti beli tiket wisata, naik transportasi umum, bayar parkir, atau pun berdonasi.

Kemudian, QRIS kini juga bisa digunakan di pasar konvensional, termasuk di berbagai pasar dan food court di bawah naungan PD Pasar Jaya. Dengan begitu, aktivitas belanja dapat lebih mudah dan cepat karena tidak perlu lagi repot mencari uang kembalian.

3. Pakai QRIS bisa dapat cashback

Bagi para pemburu cuan, penggunaan QRIS bisa akan sangat menguntungkan karena kita bisa bebas transaksi tanpa minimal pembayaran dan tidak ada lagi biaya tambahan. Saat ini, ShopeePay bekerja sama dengan PD Pasar Jaya dalam memberikan cashback untuk tiap pembayaran semua QRIS pakai ShopeePay.

Berlangsung hingga 30 Juni 2022, para pengunjung setia Pasar Mayestik, Pasar Santa, dan Pasar Sunter Podomoro berkesempatan mendapat cashback 60 persen untuk tiap transaksi menggunakan QRIS di merchant dalam pasar tersebut.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image