Mengenal Jenis-jenis Proyektor yang Tersedia di Pasaran

Digitalnote  
Pexels/Quark Studio
Pexels/Quark Studio

Proyektor adalah salah satu 'peralatan perang' yang wajib dimiliki untuk menunjang kelancaran presentasi. Saat ini ada berbagai jenis proyektor yang ada di pasaran, di antaranya Lamp Projector, Laser Projector dan LED Projector.

Masing-masing jenis proyektor juga memiliki kelebihan yang bergantung pada beberapa faktor, seperti harga, kualitas proyeksi, dan ukuran. Berikut panduan singkat untuk mengenal kelebihan dan kekurangan tiap jenis proyektor, agar kita bisa memilih perangkat sesuai kebutuhan.

1. Secara umum, Lamp Projector adalah jenis yang paling awal. Proyektor jenis ini, juga paling murah, bervariasi, dengan bola lampu merkuri dan masa pakai relatif singkat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebaliknya LED Projector dan Laser Projector, hadir dengan teknologi lebih modern. Terutama dari sisi ramah lingkungan. Kedua jenis perangkat ini juga memiliki masa pakai yang lebih panjang.

Pexels
Pexels

2. Untuk jenis Lamp Projector, biasanya memiliki tingkat kecerahan sekitar 2.000 lumens, masa pakai hingga 10.000 jam, memerlukan waktu untuk bisa dinyalakan dan masih memiliki kandungan merkuri.

3. Untuk Laser Projector memiliki tingkat kecerahan sekitar 3.500 lumens dengan masa pakai lebih dari 20.000 jam. Perangkat ini sudah tidak mengandung merkuri, dan bisa dinyalakan secara instan.

4. Untuk LED Projector, tingkat kecerahan yang ditawarkan berkisar antara 2.000 lumens dan memiliki masa pakai 30.000 jam. Perangkat ini juga menawarkan fitur instan on/off dan sudah tidak mengandung merkuri.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Istilah Teknologi Hari Ini: Bull Market

Antusias Terapkan Praktik Zero Waste

Istilah Teknologi Hari Ini: ICO

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image