Pengguna Telegram, Berikut Tips untuk Menjaga Chat Kita Tetap Aman

Digitalnote  
Google Play Store
Google Play Store

Pandemi Covid-19 semakin mendorong masyarakat di seluruh dunia untuk beralih ke platform daring untuk berkomunikasi. Berdasarkan data Statista, di Indonesia, persentasi masyarakat yang memiliki akses dengan internet meningkat sepanjang pandemi dari 66,19 persen pada 2019, menjadi 69,8 persen pada 2020.

Masyarakat Indonesia juga telah mengadopsi penggunaan aplikasi pengiriman pesan instan populer untuk berbagai kebutuhan. Termasuk salah satunya, adalah dalam menjaga hubungan dengan keluarga dan teman-teman, ketika masih berhalangan untuk bertemu muka.

Selain WhatsApp, salah satu aplikasi perpesanan instan yang banyak digunakan saat ini, adalah Telegram. Agar data kita ketika kita menggunakan Telegram tetap aman, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, antara lain:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Secara default, Telegram telah menonaktifkan fitur 'people nearby'. Fitur ini biasanya digunakan untuk mengetahui orang-orang yang sedang berada di dekat kita. Apabila kita ingin bersosialisasi, kita bisa mengaktifkan fitur ini melalui setting secara manual.

2. Setiap chat yang ada di Telegram, sebenarnya sudah dienkripsi untuk menjaga privasi pengguna. Tapi, apabila kita ingin menambah lapisan keamanan, kita bisa mengaktifkan fitur 'secret chat' yang tersedia di aplikasi.

3. Setiap selesai melakukan percakapan, pastikan kita selalu menghapus pesan sebelum log out dari aplikasi. Kita juga bisa mengaktifkan fitur auto delete yang akan menghapus pesan kita secara otomatis, per periode tertentu.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image