Susah-susah Gampang Bertahan di Era Digital

Digitalnote  
Pexels.com
Pexels.com

Saat mengingat sosok Kartini, tentunya kita juga teringat akan perjuangannya dalam mewujudkan kesetaraan perempuan dalam pendidikan dan berbagai bidang lainnya. Walaupun sudah lama tiada, semangat perjuangannya tetap dibawa oleh banyak perempuan inspiratif di berbagai penjuru negeri.

Salah satunya adalah Puput Anggraini, penerus dan pemilik bisnis Es Marem Bu Ning Kranggan di Semarang yang merupakan salah satu kuliner legendaris di Jawa Tengah. Pada 1978, orang tua Puput memulai bisnis es marem khas Semarang menggunakan resep yang didapatkan dari keluarga.

Bisnis tersebut pun berhasil sukses melintasi beberapa generasi. Pada 2000, orang tua Puput berpisah, dan sang ibu yang akrab dipanggil Bu Ning, memutuskan mendirikan bisnisnya sendiri yang kemudian diwariskan kepada Puput pada 2016.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bermodal keberanian, Puput mengambil alih dan membawa bisnis Es Marem Bu Ning Kranggan berkembang ke tingkat selanjutnya. Awalnya, penjualan es marem yang mengandalkan gerai luring, dihadang tantangan berat ketika pandemi melanda.

Dok Shopee
Dok Shopee

Melihat situasi, Puput memutar otak untuk kembali meningkatkan penjualan dan berhasil mencetuskan beberapa ide untuk bertahan. “Untuk menyiasati penurunan penjualan di musim hujan, saya mencoba berinovasi dengan menghadirkan menu baru, seperti jus booster kesehatan. Di pertengahan tahun ini, kami pun berencana untuk menghadirkan menu makanan baru seperti salad dan Korean BBQ untuk makin mendorong ketertarikan pelanggan,” ujar Puput.

Melihat kebiasaan masyarakat yang semakin terbiasa menggunakan layanan pembayaran digital, saat bertransaksi, Puput kemudian mencari informasi dan memutuskan masuk ke persaingan dunia figital. Setelah mendapatkan respon positif, ia pun melebarkan jangkauan usahanya dengan mengadopsi layanan pesan antar makanan di platform lokapasar.

Sejak saat itu, penjualan Es Marem Bu Ning Kranggan melesat hingga mencapai 350-400 porsi per harinya. Setelah berhasil meneruskan bisnis yang telah berjalan selama puluhan tahun hingga masuk ke era digital, Puput membagikan tips bagi para pelaku usaha perempuan yang ingin memulai atau mengembangkan bisnisnya, yaitu:

Kepuasan pelanggan adalah kunci

Bagi setiap bisnis, keberhasilan tidak akan lepas dari puasnya pelanggan terhadap produk atau layanan yang dihadirkan. Menurut Puput, menjaga kualitas produk dan menjaga sikap ramah kepada pelanggan adalah kunci utama dalam menjaga eksistensi bisnisnya selama ini.

Pelaku usaha juga perlu berhati-hati dalam menentukan harga sehingga pelanggan merasa puas. Harga produk atau layanan harus kompetitif tetapi sebaiknya tetap ramah di kantong target pelanggan.

• Pelajari hal baru dan maksimalkan peluang

Dalam dunia bisnis yang pergerakannya sangat cepat, banyak hal baru yang harus terus dipelajari untuk dapat mengembangkan bisnis ke tingkat selanjutnya.

Selalu Berinovasi

Perkembangan teknologi misalnya, telah membawa perubahan dalam hal produk yang dibutuhkan oleh masyarakat atau pasar. Termasuk juga bagaimana cara masyarakat mendapatkan produk yang mereka butuhkan.

Agar tidak hilang ditelan zaman, pelaku bisnis saat ini, dituntut mengikuti beragam perubahan. Tak hanya itu, jenama pun bahkan wajib mengikuti tren bagaimana masyarakat mendapatkan produk yang dibutuhkan.

Dok Tras.co
Dok Tras.co

Perubahan bisnis yang terjadi, setidaknya dalam dua tahun terakhir, dipengaruhi oleh perkembangan teknologi digital dan pandemi Covid-19. Pada Kamis (21/4) Tras N Co Indonesia sebagai perusahaan yang fokus pada penelitian jenama di Indonesia mengumpulkan data-data perusahaan dan brand inovatif, sekaligus meningkatkan kinerja perusahaan.

Tri Raharjo selaku CEO Tras N Co Indonesia menjelaskan, peraih Top Innovation Choice Award 2022 ditentukan melalui riset Top Innovation Choice Index 2022 terhadap lebih dari 300 inovasi produk atau layanan yang diciptakan perusahaan atau jenama di sepanjang kurun waktu setahun terakhir. Penilaian menggunakan desk research dan penjurian melalui melalui media monitoring, social media monitoring dan product profile.

CEO Infobrand.ID Susilowati Ningsih menambahkan, Top Innovation Choice Award 2022 merupakan penghargaan bergengsi di bidang inovasi yang diberikan kepada jenama yang berhasil menciptakan inovasi terhadap produk atau layanan. Menurutnya, perusahaan dan jenama yang inovatif dengan inovasi yang mampu memberikan efek positif kepada perusahaan, sangat layak untuk diberikan apresiasi.

Beberapa jenama, peraih Top Innovation Choice Award 2022, antara lain Prenagen dengan inovasi Prenagen Lova, Zegavit, dan Makuku dengan inovasi Makuku Air Diapers Slim. Selain itu, ada pula Aqua Japan dengan inovasi Super Wash Series, mesin cuci dengan teknologi superdrum, eco Inverter, antibacteria treatment dan steam function.

Berbagai fitur ini, menjadikan diameter tabung lebih lebar dan kapasitas lebih besar, efisien dalam penggunaan listrik, serta menghilangkan 99,99 persen bakteri dan kuman.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Istilah Teknologi Hari Ini: Bull Market

Antusias Terapkan Praktik Zero Waste

Istilah Teknologi Hari Ini: ICO

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image