Digitalnote

Digitalisasi UKM pun Kini Didorong Melek ESG

Penerapan prinsip berkelanjutan dalam proses bisnis (ilustrasi)

Guna mendorong akselerasi transformasi digital di sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia, Telkomsel kembali menggelar program Digital Creative Entrepreneurs (DCE). Dimulai dengan gelaran Kick-Off sekaligus Open Call registrasi UKM yang berlangsung di Jakarta, Rabu (6/12/2023), pelaksanaan tahun ketiga program DCE mengusung tema "Upgrade to Accelerate", menunjukkan fokus Telkomsel terhadap peningkatan kapasitas dan kapabilitas digital UKM.

Sebagai Small Medium Enterprise (SME) impact accelerator, program DCE merupakan upaya penciptaan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan Telkomsel yang mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG). Tahun ini, Telkomsel membuka pendaftaran program DCE hingga 27 Februari 2024 bagi UKM dari empat kategori Accelerate SME Tracks, yaitu F&B, Fashion, Craft, dan Personal Care.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel Saki Hamsat Bramono menyampaikan, dikutip dari studi BCG dan Telkom Indonesia pada 2022, 77 persen UKM Indonesia aktif mempekerjakan masyarakat setempat dan 67.5 persen di antaranya percaya bahwa mereka berdampak positif. "Dengan digitalisasi, pemberdayaan masyarakat akan berlipat ganda hingga 1,4 kali lipat, meningkatkan jangkauan pasar secara nasional hingga 2,1 kali lipat dan kemungkinan ekspor hingga 4,6 kali lipat," ujar Saki.

Telkomsel, kata dia, terus berupaya menciptakan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan yang mengimplementasikan prinsip ESG. Untuk mendorong keikutsertaan dari para pegiat UKM dari seluruh Indonesia, Telkomsel melangsungkan 3rd DCE Open Call di Jakarta, yang dihadiri oleh para ahli di bidang UKM seperti CEO Pijak Bumi Rowland Asfales, CEO Maicih Dimas Ginanjar, Co-Founder Callie Cotton Paola Yuktipada, serta Co-Founder Maharati sekaligus alumni program DCE Nirakatriena Pravitaswari.

Kemudian, Telkomsel akan melangsungkan kegiatan Roadshow DCE bersama komunitas UKM dan alumni program DCE di Medan (17 Januari 2024), Surabaya (31 Januari 2024), Balikpapan (7 Februari 2024), dan Bandung (21 Februari 2024). Selanjutnya, upaya akselerasi pertumbuhan bisnis UKM dalam program DCE ketiga akan dilakukan melalui kegiatan Onboarding bagi 300 peserta terseleksi dari seluruh pendaftar untuk mengenal lebih jauh ekosistem digital Telkomsel.


DCE adalah program corporate social responsibility (CSR) Telkomsel yang berfokus membuka lebih banyak peluang dengan mengambil peran sebagai platform akselerasi untuk meningkatkan kapabilitas, kompetensi, dan kreativitas digital para pelaku UKM di Indonesia melalui pemanfaatan ekosistem aset dan kapabilitas Telkomsel. Program ini dirancang secara khusus untuk mendukung UKM lokal agar dapat mencapai potensi maksimalnya, menciptakan dampak melalui inovasi yang inspiratif, serta memperkuat daya saing mereka di era ekonomi digital.

Baik di tingkat nasional maupun global. Dihadirkan sejak 2021, hingga tahun ketiga pelaksanaannya program DCE telah mendukung pengembangan lebih dari 2.500 UKM lokal dan mencatatkan hingga 350 UKM sebagai alumninya.