Digicafe

Optimalisasi Pengolahan Sampah Kemasan Minuman

 

Pengolahan sampah sebagai bagian mewujudkan ekonomi berkelanjutan.

Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menunjukkan, bahwa Indonesia telah berhasil mengurangi penumpukan sampah sekitar 12 juta ton pada 2022. Capaian tersebut tercatat lebih tinggi dari target pengurangan sampah nasional sebesar 30 persen pada 2025.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pemerintah meyakini, keberhasilan tersebut disebabkan oleh meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengurangi dan mendaur ulang sampah, serta infrastruktur pengelolaan sampah yang lebih baik.

Pada Sabtu (16/9/2023), Tetra Pak, perusahaan solusi pemrosesan dan pengemasan, mendukung PT Sinar Sosro, perusahaan minuman di Indonesia dan pada Sabtu (16/09) meluncurkan kampanye daur ulang, Dauri – Daur Untuk Negeri. Kerjasama kedua perusahaan ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dan disaksikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), pada Festival LIKE-Lingkungan Iklim Kehutanan dan Energi Terbarukan.

Kegiatan ini, merupakan salah satu kegiatan menuju COP28 - konferensi perubahan iklim. Kampanye ini berfokus pada peningkatan kesadaran akan pentingnya daur ulang, serta guna mendorong masyarakat Indonesia untuk mendaur ulang kemasan minuman bekas mereka.

Tommy Srihartoyo Soetoyo, Direktur Tetra Pak, menjelaskan, karton bekas minuman merupakan bahan daur ulang yang berharga yang dapat didaur ulang menjadi produk baru. "Dengan mendaur ulang karton bekas minuman, kita dapat membantu mengurangi limbah dan melindungi lingkungan. Kami yakin bahwa inisiatif ini bisa mendukung agenda nasional dengan mendorong tingkat daur ulang dan melaksanaan pengelolaan sampah yang lebih baik. Pada akhirnya berkontribusi pada ekonomi yang berkelanjutan," jelasnya.

Sebagai bagian dari kampanye ini, Tetra Pak dan Sinar Sosro akan melakukan serangkaian inisiatif edukasi kepada pemangku kepentingan terkait. Mulai dari, berbagai kelompok masyarakat, pengepul barang bekas, dan sekolah-sekolah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mendaur ulang kemasan bekas minuman dan bagaimana melakukan pemilahan untuk memudahkan proses daur ulang.

Sementara itu, Sabrina Kharisanti, Chief Marketing Officer, Sinar Sosro mengatakan, Dauri, adalah kampanye keberlanjutan dari PT Sinar Sosro untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mendaur ulang kemasan minuman di kalangan konsumen di Indonesia. "Kemitraan dengan Tetra Pak akan membantu kami mencapai tujuan keberlanjutan dan memberikan dampak positif bagi lingkungan," ujar Sabrina.

Selama ini, Tetra Pak telah bermitra dengan Sinar Sosro selama empat tahun terakhir dalam berbagai kesempatan. Termasuk inisiatif untuk meningkatkan kesadaran konsumen, meningkatkan pengumpulan dan pemilahan, mengembangkan fasilitas daur ulang, dan menggunakan bahan daur ulang.

Sebagai contoh, Tetra Pak dan Sinar Sosro berkolaborasi dalam Java Jazz Festival, yang dikunjungi lebih dari 3.000 pengunjung. Pada acara tersebut, para pengunjung diberikan edukasi mengenai karton minuman dan praktik daur ulang yang tepat.