Memaknai Layanan untuk Pelanggan di Momen Lebaran
Setiap tahun, tradisi mudik Lebaran menjadi momen yang sangat dinanti bagi jutaan orang di Indonesia. Momen ini tak hanya menjadi waktu untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat, tapi juga menjadi kesempatan bagi perusahaan dan merek untuk menunjukkan komitmen mereka terhadap masyarakat.
Caranya, melalui program CSR dan program kesetiaan konsumen yang kreatif.
“Di tengah tradisi ini, banyak merek dan perusahaan yang melakukan inisiatif sosial untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat dan memperkuat hubungan dengan konsumen mereka. Salah satu cara yang banyak digunakan adalah melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) yang terkait dengan mudik Lebaran,” kata Susilowati Ningsih, CEO Infobrand.id.
Program CSR selama musim mudik, ia melanjutkan, sering kali berfokus pada memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Mulai dari, pemberian paket sembako, pengaturan transportasi mudik gratis, atau penyediaan posko pengamanan dan pelayanan kesehatan di jalur mudik.
Tidak hanya itu, momen mudik Lebaran juga dimanfaatkan oleh banyak merek untuk meluncurkan program kesetiaan konsumen yang kreatif. Program-program ini sering kali menawarkan insentif atau hadiah kepada konsumen yang memilih merek tersebut selama musim mudik, seperti diskon khusus untuk pembelian tiket transportasi, penawaran khusus untuk produk-produk mudik, atau kesempatan untuk memenangkan hadiah-hadiah menarik melalui program loyalitas.
Dengan melibatkan konsumen dalam program-program ini, merek dan perusahaan tak hanya meningkatkan penjualan mereka selama musim mudik, tetapi juga memperkuat hubungan dengan konsumen dan membangun loyalitas jangka panjang. Para konsumen merasa dihargai dan didukung oleh merek yang mereka pilih.
Sehingga lebih cenderung untuk tetap setia dan loyal pada merek tersebut di masa yang akan datang. “Oleh karena itu, Infobrand.id Bersama Tras N Co Indonesia menginisiasi penghargaan "Top CSR of the Year 2024: Special Achievement for Social Initiative 'Mudik Lebaran'" dan "Top Consumer Loyalty Program 2024: Special Achievement for 'Mudik Lebaran" sebagai apresiasi atas komitmen perusahaan dan brand dalam memperkuat ikatan sosial dan ekonomi selama momen yang berharga ini,” ujar Susilowati.
Kedua penghargaan ini bertujuan menghargai komitmen dan kontribusi perusahaan dalam memberikan manfaat nyata kepada karyawan, masyarakat, dan konsumen.
Sementara itu, Tri Raharjo, CEO Tras N Co Indonesia sekaligus Chairman Indonesia Brand Community (IBC) menyatakan, para penerima penghargaan ini dipilih melalui riset yang cermat menggunakan metode Desk Research yang mengacu pada data publikasi di media daring, sosial media dan website resmi perusahaan.
“Riset untuk Top CSR of the Year 2024: Special Achievement for Social Initiative 'Mudik Lebaran’ berfokus pada tiga parameter penilaian: CSR Concept Aspect, CSR Impact Aspect, dan CSR Branding Aspect,” jelas Tri.
Sementara itu, lanjutnya, riset untuk Top Consumer Loyalty Program 2024: Special Achievement for 'Mudik Lebaran’ menggunakan tiga parameter penilaian yang sama: Consumer Loyalty Concept Aspect, Consumer Loyalty Impact Aspect, dan Consumer Loyalty Branding Aspect.
“Penghargaan ini tidak hanya menjadi pengakuan atas pencapaian luar biasa para penerima, tetapi juga sebagai dorongan untuk terus berinovasi dan berkontribusi positif dalam menjawab tantangan-tantangan sosial dan meningkatkan hubungan dengan konsumen,” ujarnya.
Pada penyelenggaraan Top CSR of the Year 2024: Special Achievement for Social Initiative 'Mudik Lebaran’ dan Top Consumer Loyalty Program 2024: Special Achievement for 'Mudik Lebaran’ kali ini diterima oleh PT Kosmetika Cantik Indonesia, PT IPC Terminal Petikemas, PT ASDP Indonesia Ferry (PERSERO), Indonesia Financial Group, dan PT Asuransi BRI Life.