Bergotong-royong Ringankan Beban Para Korban Gempa Cianjur

Digitalnote  
Dok XL Axiata
Dok XL Axiata

Gempa Cianjur yang terjadi pada Senin (21/11/2022) telah mengakibatkan 268 orang meninggal dunia, 58.362 warga harus mengungsi, 1.083 orang luka-luka, dan mengalibatkan kerusakan infrastruktur seperti rumah rusak hingga 22.198 unit.

Untuk membantu meringankan beban para korban, XL Axiata menyediakan layanan bebas biaya telepon dan SMS. Dengan demikian, warga yang juga pelanggan XL, Axis, dan XL Prioritas bisa menelepon dan kirim SMS ke sesama nomor pengguna XL Axiata untuk berkomunikasi.

Sementara itu, untuk menelepon dan SMS ke nomor operator lain, pelanggan bisa mendapatkan 10 menit nelpon dan 10 SMS gratis. Pelanggan juga masih mendapatkan kuota data sebesar 500 MB selama empat hari dengan mengakses *505#.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Program ini berlaku untuk periode 21-24 November 2022 dan berlaku di lokasi bencana yaitu Cianjur, Jawa Barat. Menurut Pj Group Head Central Region XL Axiata, Arif Farhan Budiyanto, XL juga menyediakan posko telepon gratis yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang terdampak gempa Cianjur.

Salah satu posko berada di RSUD Sayang, yang berlokasi di Jl Rumah Sakit No 1, Kelurahan Bojongherang, Cianjur, Jawa Barat. "Kami berharap, masyarakat dan pelanggan yang di area-area tersebut bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Tentu layanan gratis ini juga bisa dimanfaatkan oleh aparat membantu pemulihan di kedua daerah," ujar Arif.

XL Axiata, ia melanjutkan, juga sedang menyiapkan pengiriman bantuan darurat bagi para korban. Sementara, tim XL Axiata di lapangan juga terus melakukan pemantauan, baik untuk memastikan kondisi infrastruktur dan layanan, termasuk juga untuk menginformasikan perihal penyaluran donasi.

Bantuan Air Minum

Dok Aqua Danone
Dok Aqua Danone

Upaya untuk membantu para korban gempa juga dilakukan tim Pabrik Aqua Cianjur. Kepala Pabrik Aqua Krisvan Sarendeng menjelaskan, pabrik Aqua Cianjur juga menyalurkan bantuan ke rumah sakit, PMI, BPBD, dan posko-posko kemanusiaan yang didirikan di sekolah-sekolah dan di Taman Nasional Gede Pangrango.

Menurutnya, bantuan juga dikerahkan ke dua kecamatan yang terdampak paling parah, yaitu Warungkondang dan Cugenang. Solidaritas kemanusiaan yang dijalankan pabrik Aqua Cianjur ini juga mendapat dukungan dari pabrik-pabrik Aqua lainnya yang berada di Jawa Barat dan kantor pusat Aqua di Jakarta.

Menurut Stakeholder Relations Manager Pabrik Aqua Cianjur Warsono, pihaknya juga telah menerima bantuan dari Sukabumi, Subang, Citeureup, Ciherang, Caringin, Sentul, dan Jakarta. Warsono menyampaikan, penyaluran bantuan kemanusiaan ini akan terus berlanjut, seiring dengan berbagai upaya penanganan akibat gempa Cianjur dan berbagai upaya perbaikan dampak yang ditimbulkan dari gempa yang terjadi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image