Mengenal Layanan Bantuan Hukum di Ranah Digital

Digicafe  
Unsplash/Tingey Injury Law Firm
Unsplash/Tingey Injury Law Firm

Jumlah pengguna internet di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Data terbaru Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 2022 pengguna internet di Indonesia mencapai sekitar 210 juta.

Jumlah ini menunjukkan terjadi penambahan sekitar 35 juta pengguna internet di Indonesia. Seiring meningkatnya pemanfaatan teknologi informasi dan Internet di masyarakat, keamanan siber pun menjadi isu yang semakin penting.

Hal ini tak bisa dimungkiri karena dampaknya yang kompleks dan membuat tingkat risiko dan ancaman penyalahgunaan semakin tinggi. Di sisi lain, berbagai peraturan perundangan terkait dunia digital di Indonesia juga semakin kompleks.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mulai dari, UU Informasi dan Transaksi Elektronik Nomor 11 Tahun 2008 dan versi revisi Nomor 19 Tahun 2016 yang mencakup pelanggaran seperti membagikan konten ilegal, pelanggaran perlindungan data, akses tidak berizin ke sistem elektronik, atau PP Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Di samping itu juga ada Undang-undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) yang sudah disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia pada bulan Oktober 2022 yang lalu.

Pada Selasa (22/11/2022) Binder Dijker Otte (BDO) mengumumkan penandatanganan merger antar dua perusahaan, yaitu BDO di Indonesia, dan Eman Achmad & Co Law Firm yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 25 tahun, menjadi BDO Legal “Eman Achmad & Co Law Firm” atau disingkat BDO Legal. BDO merupakan salah satu kantor akuntan publik dan perusahaan penyedia jasa konsultasi terbesar di dunia. Sedangkan BDO di Indonesia adalah anggota BDO International Limited dan merupakan bagian dari jaringan BDO internasional dari perusahaan anggota independen.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image