Peluang Besar Naikkan Potensi Brand di Ranah Digital
Jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Kondisi tersebut memberikan peluang bagi pelaku bisnis dan jenama dalam meningkatkan brand awareness dengan lebih cepat di ranah digital.
Tingginya penetrasi internet di Indonesia, setidaknya dapat dilihat dari laporan We Are Social, Indonesia Digital Report 2022. Dimana pengguna internet di Indonesia mencapai 205 juta atau 74,5 persen dari total jumlah penduduk Indonesia sebanyak 275 juta jiwa.
Jumlah tersebut melonjak dalam lima tahun terakhir, di mana di 2017 pengguna internet di Indonesia baru 136 juta, atau 51,5 persen dari seluruh populasi.Yang menarik adalah, masih dari laporan tersebut, terungkap bahwa waktu rata-rata setiap hari penggunaan internet adalah delapan jam 36 menit.
Banyaknya waktu yang dihabiskan di dunia maya, dengan beragam aktivitas. Mulai dari, streaming video on demand rata-rata selama dua jam 50 menit, dan menggunakan media sosial tiga jam 17 menit. Sementara, sisanya mendengarkan musik satu jam 30 menit, dan bermain gim selama satu jam 19 menit.
Tri Raharjo selaku CEO Tras N Co Indonesia menyebut, kondisi ini tentu saja memberikan peluang yang selebar-lebarnya bagi pelaku bisnis dan jenama untuk dikenal di ranah digital. Menurutnya, semakin pesatnya perkembangan digitalisasi sekarang ini, mengharuskan para jenama untuk beradaptasi dengan cepat.
Termasuk juga,inovatif demi merebut hati masyarakat yang saat ini akrab dengan digitalitasi dan internet. Melihat makin banyaknya jenama yang populer dan unggul di ranah digital, Tras N CO Indonesia, perusahaan consulting, yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia, kembali melakukan Riset Indonesia Digital Popular Index.