Jurus Ampuh Mendapat Bintang Lima dari Customer
Digitalnote
Ulasan dari pembeli, saat ini sangat penting bagi kelangsungan bisnis pegiat usaha, termasuk UMKM lokal. Dengan review yang baik dari pelanggan, toko yang kita bangun di jagat maya berpotensi besar berkembang signifikan.
Merchant Education Senior Lead Tokopedia, Resti Purniandi pun membagikan lima tips mendapat review atau ulasan bintang lima dari pembeli, di antaranya:
1. Responsif dan Komunikatif
Pembeli selalu senang dengan penjual yang cepat dan tepat dalam menjawab. “Jawab pertanyaan pembeli di kolom chat dan diskusi dalam waktu maksimal 10 menit agar meminimalisir potensi pembeli berpaling ke toko lain,” jelas Resti.
Selain itu, menurut dia, ada baiknya penjual menyampaikan ke calon pembeli terkait jam buka tutup toko demi menjaga ekspektasi mereka. Penjual juga bisa menggunakan fitur Jadwal Toko untuk mengatur jam buka-tutup hingga jadwal libur toko.
2. Gunakan Foto dan Video yang Sesuai
Pastikan foto dan video yang kita gunakan di etalase toko kita adalah produk asli dan buatan sendiri. Sertakan pula foto produk dari berbagai sisi dapat memudahkan pembeli melihat detail produk dengan jelas.
“Manfaatkan juga pencahayaan yang terang dan gunakan latar belakang foto yang sederhana. Para penjual yang menggunakan foto produk asli dan video produk cenderung lebih dipercayai pelanggan,” ujar Resti.
3. Deskripsikan Produk dengan Jelas
Jelaskan produk yang dijual secara rinci, mulai dari merek, fungsi, ukuran, kelengkapan produk, detail warna hingga cara perawatan. Informasikan juga terkait layanan logistik yang digunakan serta jadwal pengiriman.
“Penjual sebaiknya memposisikan diri sebagai pembeli agar bisa memperkirakan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang kemungkinan akan ditanyakan oleh pembeli,” kata Resti.
4. Kemas Produk dengan Aman
Gunakan ukuran kardus yang mendekati dimensi produk dan tambahkan pelapis secukupnya agar aman. Resti menambahkan, selalu periksa ulang produk yang akan dikirim sebelum dikemas, pastikan tidak ada cacat pada barang. Kemudian, kemas produk secara aman sesuai kategori barang dan pertimbangkan durasi pengiriman.
"Ingatkan pembeli untuk membuat video unboxing paket sebagai bukti kondisi produk jika ternyata ditemukan keluhan,” jelas Resti.
5. Jaga Komunikasi dengan Pembeli
Setelah Bertransaksi Ketika pesanan sudah diterima oleh pembeli, ucapkan terima kasih dan tanyakan langsung tanggapan pembeli terhadap pelayanan toko. Penjual juga boleh meminta kritik dan saran serta ajak pembeli untuk memberi ulasan produk dan bintang sebagai tanda kepuasan.
