Ini Langkah yang Bisa Kita Lakukan Ketika Dilecehkan di Dunia Maya

Digital Lady  
Stock Vault/ Mohammed Hassan
Stock Vault/ Mohammed Hassan

Pengguna internet harus selalu berhati-hati agar tidak mudah mengunggah foto atau video di internet. Karena, foto atau video tersebut kerap dijadikan bahan pelecehan oleh pengguna lain yang tak bertanggung jawab.
Ketika hal tersebut terjadi, pengguna sebaiknya tidak segan melaporkan ke aparat hukum terhadap pelaku pelecehan di dunia digital. Hal ini menjadi pembahasan dalam webinar bertema “Stop di Kamu! Lawan Pelecehan Seksual di Media Digital”, Senin (18/7), di Tarakan, Kalimantan Utara.
Dalam kegiatan tersebut, Dewan Pengarah IY-IGF sekaligus edukator literasi digital, Astari Yanuarti menyampaikan, saat ini etika digital saat ini penting karena saat berkomunikasi atau berinteraksi di ruang digital, kita bertemu dengan individu dengan berbagai latar belakang budaya, tak hanya dalam satu negara tapi global.
Menurutnya, saat ini muncul standar baru yang disebut netiket. Ruang lingkup etika ini, meliputi kesadaran, tanggung jawab, integritas, dan kebajikan. Kekerasan Seksual Berbasis Gender Online (KBGO) bisa berupa perekaman, penyebaran, dan penguntitan.
“Tindakan etis dapat menghindarkan KBGO ini. Caranya, berhati-hati dengan kenalan online, jangan berikan kata sandi pada orang lain, tidak umbar foto atau video yang cabul dan asusila, serta berani melaporkan tindakan pelecehan seksual ke orang terdekat, penegak hukum, atau platform,” jelas Astari.
Pemateri selanjutnya, Co-founder and Fact Check Specialist Mafindo Aribowo Sasmito, menyampaikan materi keamanan digital berjudul ‘Kenali dan Pahami: Rekam Jejak Digital di Era Digital’. Ia menjelaskan, kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan era digital tentu berbanding terbalik dengan keamanan.
Maka dari itu, penting untuk memiliki kompetensi keamanan digital. Hal ini, meliputi mengamankan perangkat dan identitas digital, mewaspadai penipuan digital, memahami rekam jejak digital dan memahami keamanan digital bagi anak.
“Kebiasaan di media digital akan berkait dengan attitude dan cara dia mengambil keputusan. Banyak HRD sekarang memperhatikan ini. Maka, perhatikan jejak digital Anda,” kata Aribowo.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Technology believer.. tech-society observer.. recovering digital addict

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image